Kantor Berita Kalimantan

Persentase Warga Kabupaten Banjar Yang Telah Divaksin Paling Rendah Di Kalsel

Vaksinasi Massal Yang Digelar Lanal Banjarmasin bersama HIPMI Kabupaten Banjar Di Gedung DPRD Banjar (Foto Dok Istimewa).

MARTAPURA – Persentase warga Kabupaten Banjar yang telah divaksin terendah di Kalimantan Selatan, yakni hanya dikisaran 23 persen, tetapi kalau jumlahnya lebih tinggi dari daerah lain, Rabu (1/12/2021).

Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi mengatakan, berdasarkan data yang ia dapat, persentase warga Kabupaten Banjar yang telah divaksin Covid-19 terendah di Kalimantan Selatan.

“Warga Kabupaten Banjar yang telah divaksin hanya 23 persen dan itu paling rendah di Kalimantan Selatan. Karena itu kedepan supaya vaksinasi di Kabupaten Banjar ditingkatkan agar tidak tertinggal dengan daerah lain,” jelas politisi muda Partai Gerindra ini, Selasa (30/11/2021).

dr Diauddin
dr Diauddin, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Banjar (dok). 

Terpisah, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Banjar dr Diauddin mengakui, bahwa memang angka persentase warga yang telah divaksin 23 persen.

“Kalau dari persentase memang harus kita akui yang terendah, mau bagaimana lagi? Tetapi dari segi jumlah warga yang telah divaksin, kita jumlahnya sangat tinggi atau banyak, bahkan melebihi daerah lain seperti Kota Banjarbaru dan lainnya,” ujarnya.

Hanya saja, ungkap Diauddin, jumlah penduduk Kabupaten Banjar Lebih banyak dan tersebar luas. Kalau dihitung secara persen tentu jumlahnya sedikit, tetapi kalau dihitung jumlah orang yang divaksin tidak sedikit.

“Apalagi sebagian warga Kabupaten Banjar yang telah divaksin olen Kodim, Polres, dan Lanal Banjarmasin itu jumlah warga yang divaksin tidak masuk ke Kabupaten Banjar, tetapi ke Banjarmasin atau Banjarbaru. Misalnya di awal-awal vaksinasi Covid-19 dari TNI atau Kodim itu pakai akun RS Guntung Payung dan Rindam,” tandasnya.

Diauddin yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar ini menyatakan, kedepan pihaknya terus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk divaksin. Untuk itu juga pihaknya akan menyiapkan vaksin yang cukup dan pelayanan yang lebih baik kepada mereka bersedia divaksin.

Pada bagian akhir dr Diauddin menyampaikan jumlah warga Kabupaten Banjar yang telah divaksin hingga, Selasa (30/1/2021) malam, yakni sebanyak 112.926 atau 25.53 persen dari jumlah penduduk.

“Hingga malam ini sebanyak 112.926 warga Kabupaten Banjar yang telah divaksin atau secara persentase menjadi 25.53 persen. Hal yang terpenting daripada hitungan persen itu adalah kasus positif Covid-19 sudah sunyi yang patut kita syukuri bersama,” pungkasnya.

Exit mobile version