Kantor Berita Kalimantan

Peserta Fun Hiking Kahung Journey Nikmati Indahnya Alam

Banjarbaru – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan gelar fun hiking dengan tema “Kahung Journey ” dan diikuti puluhan peserta diantaranya, dari lingkup SKPD, Peserta lomba fotografi, Mapala, Tim medis, Tim keamanan (30/03/2018).

Sebelum menuju lokasi seluruh peserta kegiatan ini mendapatkan arahan mengenai teknis kegiatan dari panitia acara di lapangan Desa Belangian. Arahan disampaikan oleh Lanang Budi Wibowo, S.Hut,MP selaku koordinator lapangan. Setelah mendapat pengarahan tersebut esok harinya peserta fun hiking  esok hari memulai kegiatan pada jam 07.00 pagi menuju Air Terjun Kahung Besar.

Untuk menuju titik tersebut semua peserta diantar Tim Trail menuju shelter pertama atau shelter kembar secara bertahap, dan kemudian masing-masing peserta melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan sesuai kondisi kemampuan peserta, sebab panitia hanya memberikan batas waktu hingga pukul dua siang.

“Apabila peserta tidak mampu mencapai tujuan pada jam yang sudah ditentukan, maka para peserta DIWAJIBKAN ‘balik kanan’ pulang kembali menuju desa Belangian. Hal ini dilakukan demi keamanan seluruh peserta kegiatan,” jelas Kadishut Kalsel Hanif Faisol Nurofiq (01/04/2018).

Ia juga menyatakan, bahwa panitia dalam menempatkan tim radio (komunikasi), tim keamanan, tim medis, dan tim evakuasi disetiap pos jalur fun hiking untuk menghindari dan meminimalisir hal-hal terburuk yang  dapat saja terjadi.

Menurut Hanif para peserta fun hiking terlihat begitu senang mengawali perjalanan mereka mulai dari desa menuju shelter pertama atau yang biasa disebut shelter kembar. Perjalanan dari desa menuju shelter kembar berjarak kurang lebih sekitar 5,6 Km. Namun jarak yang jauh tidak menyurutkan semangat para peserta fun hiking untuk berjalan menuju shelter pertama, sebab disepanjang perjalanan para peserta disuguhi pemandangan yang memanjakan mata dan juga sambil berfoto ria.

Kemudian sebagian peserta yang sudah sampai di shelter pertama dan sudah mencukupkan istirahat kembali melanjutkan perjalanan menuju shelter kedua atau yang biasa disebut shelter Muara Kahung dengan jarak tempuh kurang lebih 3,3 Km.
 
“Perjalanan atau fun hiking tambah ramai,sebab juga diikuti rombongan dan dipimpin langsung Kadishut Prov Kalsel Hanif Faisol, serta didampingi kepala KPH dan para pejabat esselon,” ujarnya.
 
Hanif Faisol pada kesempatan ini juga mengungkapkan hal -hal yang membuat perjalanan yang dilakukan para peserta semakin menarik,asyik , nyaman dan menarik hingga sampai tujuan, yakni adalah udara yang segar kawasan hutan alami yang dipadukan dengan keindahan pemandangan dengan aneka fauna dan flora langka ada di sekelilingnya.

“Kita masih bisa melihat pepohonan dengan berukuran diameter yang sangat besar, binatang-binatang yang jarang kita temui pada umumnya, serta jamur-jamur langka yang hanya ada di kawasan hutan Kahung,”pungkasnya.
.

Editor :
Penulis :

Exit mobile version