DAERAH

Pilgub Kalsel 2024 Dimajukan, KPU Kalsel Perlu Penegasan Dana Hibah

KBK.NEWS, BANJARMASIN – Hadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel yang rencananya dimajukan ke Bulan September 2024, KPU Kalsel bahas ketersediaan dan penegasan dana hibah Rp 131 Miliar, Sabtu (23/9/2023).

Menyikapinya adanya kebijakan pemerintah yang bakal memajukan jadwal pelaksanaan Pilkada Serentak di Tahun 2024, KPU Kalsel memerlukan kesiapan dan ketersediaan dana atau anggaran. Sumber dana untuk pelaksanaan Pilgub Kalsel tersebut akan diterima KPU Kalsel dari Pemprov Kalsel dalam bentuk hibah.

Untuk kesiapan anggaran dalam pelaksanaan Pilgub Kalsel yang dimajukan, Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa mengatakan pihaknya segera menggelar pertemuan dengan Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar.

“Hari Senin Tanggal 25 September 2024, kami akan bertemu dan menggelar audiensi dengan Pak Sekda, Bakeuda, dan Kesbangpol Provinsi untuk membahas NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) sebesar Rp 131 Miliar,” jelas Andi Tenri, Jumat (22/9/2023) sore.

Menurut Andi Tenri, pihaknya perlu penegasan Pemprov Kalsel terkait bantuan hibah NPHD, karena ada kemungkinan Pilkada Serentak 2024 dimajukan. Menurutnya dari total dana hibah Rp 131 Miliar tersebut KPU Kalsel hanya menerima Rp 31 Miliar dan sisanya didistribusikan ke KPU di 13 kabupaten/kota di Kalsel.

“Dana tersebut sesuai dengan Surat Edaran Mendagri itu akan ada 2 kali pencairan. Tahun 2023 sebesar 40 persen dan di Tahun 2024 sebesar 60 persen,” pungkas Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa.

admin

Redaktur KBK.NEWS

Recent Posts

Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 9,5 Ton Oli Palsu

KBK.News, BANJARMASIN - Ditreskrimsus Polda Kalsel menggelar press rilis pengungkapan kasus pembuatan oli oplosan (Palsu)… Lanjutkan Membaca

10 jam ago

Calon Bupati Banjar Syaifullah Tamliha Siap Adu Gagasan Cerdas Bangun Kabupaten Banjar

KBK.NEWS, MARTAPURA - Hadapi Pilbup Banjar 2024, Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha menawarkan adu… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Agar Tidak Disalahgunakan, Polsek Banjarbaru Utara Musnahkan 19 Batang Pohon Kecubung

KBK.News, MARTAPURA - Polsek Banjarbaru Utara menggelar pemusnahan pohon kecubung yang tumbuh di wilayah hukumnya,… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Pemprov Kalteng Lakukan Pencegahan Abrasi Pantai Dengan Vegetasi Tanaman Bakau

KBK.NEWS, SUKAMARA - Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon atau Vegetasi Tanaman bakau (mangrove) guna mengatasi… Lanjutkan Membaca

20 jam ago

Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Banjar Gelar Operasi Patuh Intan 2024

KBK.News, MARTAPURA - Selama 14 Hari, Polres Banjar akan menggelar Operasi Patuh Intan 2024. Operasi… Lanjutkan Membaca

21 jam ago

Diduga Korupsi Kuota Haji KPK Didesak Tangkap Menteri Agama

KBK.NEWS, JAKARTA - Ketua Umum PP PERISAI, Chandra Halim mendesak KPK menangkap Menteri Agama dan… Lanjutkan Membaca

1 hari ago