Pengamat Sosial Politik DR Uhaib As’ad Menegaskan Demokrasi Di Indonesia Berjalan Mundur, dan Pilkada adalah Pestanya Para Pemilik Modal Serta Para Oligarki, Kamis (3/9/2020).

Penulis buku berjudul “Demokrasi dan Predator Negara” Doktor Uhaib As’ad menyampaikan keprihatinannya atas jalannya demokrasi di Indonesia. Menurutnya, politik di Indonesia saat ini berjalan mundur, bahkan munculnya oligarki di daerah, dan inilah yang ia bahasa dalam bukunya tersebut.

Menurutnya, pasca tumbangnya rezim orde baru dan lahirnya reformasi banyak harapan agar berjalannya demokrasi yang lebih baik. Misalnya, bagaimana otonomi daerah dan desentralisasi.

Tetapi, kata Uhaib, setelah reformasi berjalan sekitar 22 tahun, jalannya demokrasi menjadi tidak jelas dan berjalan kearah yang mundur. Hal itu terlihat dengan menguatnya politik oligarki dan dinasti di daerah, serta penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power) oleh kepala daerah, politisi, dan parpol.

BACA JUGA :   Deklarasi Kemenangan Pilgub Kalsel Manipulatif

Hal tersebut, ungkapnya tidak sesuai dengan harapan ketika awal-awal berjalannya reformasi.

“Politik di Indonesia itu sekarang ini bukan berjalan maju, tetapi demokrasi yang berjalan mundur atau back sliding democracy,” tegas Penulis Buku Demokrasi dan Predator Negara ini.