Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pindah Partai dan PAW, Tetap Sukses Raih 2 Kursi DPRD Banjar

Keterangan foto dari kiri ke kanan, Ketua DPC Partai Gerindra H Muhammad Rofiqi, Rahmat Saleh, Kamaruzaman (Foto Dok KBK.NEWS).

KBK.NEWS, MARTAPURA – Dua anggota DPRD Kabupaten Banjar rela di PAW karena pindah partai dari Golkar ke Gerindra agar bisa mendapat peluang ikut pemilu 2024 dan ternyata tetap berhasil meraih kursi, Jumat (15/3/2024).

Pemilu 2024 telah banyak membuat kejutan untuk perolehan suara dan kursi di DPRD Kabupaten Banjar. Sejumlah petahana berguguran dan gagal meraih kursi akibat ketatnya persaingan antara partai politik, bahkan di internal partai.

Menarik untuk dicermati, ada 2 anggota DPRD Kabupaten Banjar dari Partai Golkar yang rela lompat partai ke Gerindra dan PAW (pergantian antar waktu) agar tetap bisa mengikuti pemilu 2024. Hal tersebut dilakukan agar peluang yang lebih baik untuk maju di Pemilu 2024 dan sukses meraih kursi di DPRD Kabupaten.

Kedua anggota DPRD Kabupaten Banjar yang lompat partai dari Partai Golkar ke Partai Gerindra tersebut, yakni Kamaruzaman dan Rahmat Saleh. Kamaruzaman berlaga di daerah pemilihan (Dapil) 5 dengan perolehan suara pribadi 1.830, dan dari Dapil 1 Rahmat Saleh dengan suara pribadi 1601.

Sementara itu perolehan kursi Partai Golkar dan Partai Gerindra di DPRD Kabupaten Banjar bersaing ketat. Perhitungan sementara Partai Gerindra dan Partai Golkar sama sama berhasil meraih 8 kursi dari 45 kursi yang diperebutkan.

Dari perolehan kursi kedua partai tersebut memang sama sama meraih 8 kursi, namun selisih perolehan suara lebih banyak Partai Golkar. Selisih perolehan suara ini akan menempatkan Partai Golkar sebagai Ketua DPRD Kabupaten Banjar Periode 2024 – 2029.

Sebagai catatan hasil Pemilu 2019 Partai Gerindra dan Partai Golkar masing – masing meraih 8 kursi dan selisih suara lebih banyak dari Partai Gerindra, sehingga posisi Ketua DPRD Kabupaten Banjar Periode 2019 – 2024 dipegang Partai Gerindra.

 

 

Exit mobile version