Kantor Berita Kalimantan

Plt Bupati HSU Husairi Abdi Resmikan Pasar Kerajinan APINDO

Plt Bupati HSU Husairi Abdi meresmikan Pasar Kerajinan Binaan APINDO HSU di Siring Itik Amuntai, Minggu (11/9/2022).

AMUNTAI – APINDO HSU siapkan Pasar kerajinan di kawasan Siring Itik Amuntai dan diresmikan Plt Bupati HSU Husairi Abdi, Minggu (11/9/2022).

Guna membantu pemasaran industri kerajinan dan usaha kreatif masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) , Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) HSU jalin kerjasama dengan Pemkab HSU. Kerjasama ini dengan memberikan tempat pemasaran usaha mereka, yakni menyiapkan tempat kawasan Siring Itik Amuntai sebagai lapak usaha kerajinan khas Kota Amuntai.

Pembukaan Pasar Kerajinan ini dibuka secara resmi Plt Bupati HSU Husairi Abdi dan dihadiri para pengrajin serta para pengurus APINDO HSU.

Plt Bupati HSU Husairi Abdi mengatakan, ia menyambut positif adanya usaha APINDO HSU untuk meningkatkan pemasaran aneka produk kerajinan masyarakat HSU.

“Para pembeli tidak lagi harus datang ke kampung untuk membeli kerajinan masyarakat HSU, tetapi dengan adanya sarana Pasar Kerajinan, maka para pembeli atau wisatawan bisa datang kesini. Jadi masyarakat atau wisatawan selain berkunjung ke Candi Agung juga bisa sekaligus berbelanja aneka produk kerajinan tangan khas HSU pada Hari Minggu di lokasi ini,” jelas Plt Bupati HSU Husairi Abdi setelah meresmikan pasar Ini, Minggu (11/9/2022).

Plt Bupati HSU Husairi Abdi (Kiri) didampingi Ketua APINDO HSU Gusti Muhammad Noor (Kanan) memantau Pasar Kerajinan di Siring Itik Amuntai

Kemudian Ketua APINDO HSU, Gusti Muhammad Noor menyatakan, pihaknya berterima kasih kepada Pemkab HSU yang memberikan ruang untuk kerjasama untuk meningkatkan pemasaran industri kerajinan masyarakat. Karena itu APINDO Kalsel dan HSU yang membina para pengrajin bisa membantu agar pemasaran produk khas HSU semakin luas, bahkan bisa ke pasar internasional.

“Berkat dukungan Pemkab HSU Pasar Kerajinan khas masyarakat HSU seperti aneka anyaman dari rotan, purun, enceng gondok dan lainnya bisa dipasarkan 2 kali dalam sepekan. Sebelumnya hanya Hari Kamis, sekarang sudah bisa digelar pada Hari Minggu, yakni dari dini hari (subuh) sampai Pukul 10.00 Wita,” ungkap Gusti Muhammad Noor.

Dengan dibuka dan diresmikannya Pasar Kerajinan di Siring Itik Amuntai ini yang dibina APINDO HSU ini, beber Gusti Muhammad Noor memberikan sumbangsih kepada pengrajin.

“Semoga dengan dibukanya Pasar Kerajinan ini bermanfaat bagi para pengrajin dan pelaku usaha UKM-UMKM. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan perputaran roda perekonomian dan kesejahteraan bagi para pengrajin di HSU,” pungkas Gusti Muhammad Noor yang juga pengusaha sukses asal Kota Amuntai ini.

Exit mobile version