Kantor Berita Kalimantan

Pokdarwis Pesona Riam Kanan Lolos Seleksi 16 Besar Nasional

IMG 20190726 WA0016

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Riam Kanan Lolos Seleksi 16 Besar Nasional. Pokdarwis Binaan Dinas Kebudaayan dan Pariwisata Kabupaten Banjar ini Wakili Kalsel di Pentas Nasional.

Pembinaan Pokdarwis yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar berjalan cukup baik. Hal itu dapat terlihat dengan peningkatan kesadaran dari sejumlah Pokdarwis yang dibina, sehingga salah satu diantaranya berhasil masuk nominasi 16 besar nasional.

IMG 20190726 WA0017
Pokdarwis Pesona Riam Kanan, Kab Banjar

Pokdarwis Pesona Riam Kanan yang mewakili Kalimantan Selatan di ajang nasional berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai Pokdarwis terbaik di Indonesia.

Pokdarwis Riam Kanan Lolos 16 Besar Nasional
Martapura, infoPublik – Kerja keras Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Riam Kanan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar dalam mengelola wisata alam, buahnya kini mulai terlihat. Pokdarwis Pesona Riam Kanan yang mewakili Provinsi Kalimantan Selatan berhasil menembus 16 besar Pokdarwis terbaik se-Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Haris Rifani mengatakan, ia merasa senang, sebab pembinaan terhadap Pokdarwis yang dilakukan dinasnya berjalan cukup baik. Untuk mewakili penilaian tingkat nasional di Kementerian Pariwisata Pokdarwis Pesona Riam Kanan mendapat penialaian yang baik.

“Kelompok sadar wisata Pesona Riam Kanan kini kita sudah masuk di 16 besar terbaik nasiona, dan ini pencapaian yang patut kita apresiasi,” jelasnya (26/7/2019).

Haris Rifani mengungkapkan, penilaian oleh tim juri dari Kementerian Pariwisata dilakukan bertahap. Tahap pertama pada 14 Juni 2019 lalu. Penilaian yang dilakukan meliputi banyak hal, diantaranya administrasi dan pendukung lainnya di lapangan.

“Target kita bukan meraih juara atau lomba, tetapi pemberdayaan masyarakat agar mempunyai kemampuan untuk dapat berperan aktif dalam program kepariwisataan. Menjaga lingkungan dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi wisata,” tandasnya.

Haris menyatakan Pokdarwis dari 14 Provinsi yang masuk 16 besar, yakni dari Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

“Tahap kedua Juli-Agustus 2019, yakni peninjauan ke lapangan oleh tim juri terhadap Pokdarwis yang masuk dalam nominasi. Apabila nanti Pokdarwis Pesona Riam Kanan memenuhi segala krateria penilaian juri dan menjadi yang terbaik maka akan mendapat penghargaan Apresiasi Sadar Wisata tingkat nasional,” pungkasnya.

Exit mobile version