Site icon Kantor Berita Kalimantan

Polres Banjar Siap Amankan Haul Datu Kalampayan Ke-213

IMG 20190609 WA0014

IMG 20190609 WA0014

Martapura : Sebanyak 257 personil Polres Banjar siap diterjunkan dalam pengamanan puncak Haul ke-213 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan. Puncak haul akn dipuMantan diruang induk Masjid Jami Tuhfaturrahhibin, di Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Senin (10/6/2019).

Kabag Ops Polres Banjar AKP Wahyu Ismoyo Jaya Wardana mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 257. Personil ini akan disebar di 9 rayon penjagaan, diantaranya jalan raya menuju lokasi kegiatan, kantong parkir, hingga lokasi puncak haul.

“Untuk jalur air atau sungai kami juga melakukan penjagaan, dan beberapa personil diterjunkan karena jalur ini salah satu jalur yang ramai dipergunakan para jamaah untuk menuju lokasi haul,” jelasnya (9/6/2010).

Wahyu Ismoyo Jaya Wardana mengungkapkan, pada puncak haul ke-213 Syekh Muhammad Arsyad Al – Banjari, pihaknya akan diback up dari personil TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, stake holder, dan relawan. Pengamanan sangat penting kita lakukan, karena selalu dihadiri puluhan ribu jemaah dari berbagai daerah di dalam maupun luar Kalimantan Selatan.

“Demi menjaga keamanan dan kenyamanan jemaah yang hadir, diperlukan kesiapan pengamanan untuk mendukung kelancaran kegiatan haul ini,” tegasnya.

Mantan Kapolsek Simpang Empat ini juga memprediksi jumlah jemaah Haul Datu Kalampayan tahun ini akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Untuk itu pihaknya bersama Dinas Perhubungan dan relawan menyiapkan sejumlah titik atau kantong parkir guna menghindari kemacetan.

Kantong-kantong parkir, diantaranya di Lapangan SD Akar Baru, SD Negeri Dalam Pagar Ulu, depan Kantor Desa Dalam Pagar, SD Dalam Pagar, Makam Sultan Inayahtullah dan di beberapa titik tanah lapang yang ada di sana.

“Kami himbau kepada jamaah haul untuk mentaati arahan petugas dan relawan, supaya memudahkan jamaah sendiri, baik saat ingin menuju lokasi maupun menuju balik usai menghadiri puncak haul,”pungkas Kabag Ops Polres Banjar.

Exit mobile version