Kantor Berita Kalimantan

Prajurit TNI Kodim 1006 Bangunkan Jamban Sehat di TMMD 102

Martapura -Keberadaan septic tank itu menjadi sangat penting dalam pembangunan rumah jadi dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam mengerjakannya,” kata Danki satgas TMMD Kapten Mujiono Kamis 12/7/2018

Membuat septic tank yang sesuai standar kesehatan untuk rumah warga yang direnovasi dalam program bedah rumah. Kegiatan ini merupakan sasaran tambahan Program TMMD Ke-102 memang bukan sekadar memperbaiki rumah yang rusak, namun bisa dibilang membangun kembali rumah tersebut.  Menurutnya, Satgas bukan hanya membangun rumah yang layak huni, namun juga membuat sanitasi yang awalnya sangat memprihatinkan serta jauh dari standar kesehatan.

“Untuk bedah rumah, anggota dibagi dalam beberapa tugas, ada yang terus mengerjakan plesteran dinding rumah dan sebagian menggali dan mengecor septic tank.

Kapten Inf Mujiono menegaskan, pembuangan tinja perlu mendapat perhatian khusus, karena merupakan satu bahan buangan yang banyak mendatangkan masalah dalam bidang kesehatan dan sebagai media bibit penyakit, seperti diare, typhus, muntaber, disentri, cacingan dan gatal-gatal. Selain itu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada sumber air dan bau busuk serta estetika.

Editor :
Penulis :

Exit mobile version