Site icon Kantor Berita Kalimantan

Program Gemapatas Di Kabupaten Banjar

MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Mansyur Mansyur bersama masyarakat melaksanakan gerakan Gemapatas di Desa Sungai Sipai, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

MARTAPURA – Untuk mendukung pemerintah atas pemasangan satu juta patok batas bidang tanah untuk Indonesia, Bupati Banjar H Saidi Mansyur, bersama Gerakan Masyarakat Pasang Tanda Batas (Gemapatas), lakukan pemasangan patok tanah, di Desa Sungai Sipai Martapura, Jumat (3/2/2023) pagi.

Saidi Mansyur mengaku Pemerintah Kabupaten Banjar sangat mendukung program Kementerian Pertanahan tersebut, untuk menghindari terjadinya sengketa lahan.

“Hal tersebut guna menghindari terjadinya sengketa lahan, sehingga tagline anti cekcok anti caplok bisa terealisasi,” ucap Saidi.

Dengan kondisi geografis Wilayah Kabupaten Banjar yang cukup luas, Saidi Mansyur menilai program tersebut cukup bermanfaat.

” Program ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat pemilik lahan, dan semoga BPN dan pemerintah bisa melanjutkan program ini kedepannya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Banjar Freddy Martin mengatakan, pemasangan patok di bidang tanah ini bertujuan untuk memastikan kepemilikan bisa diketahui.

” Ada kemudahan yang diperoleh pemilik tanah ketika melakukan pengajuan sertifikasi ke BPN, Karena tidak akan ada permasalahan dengan tetangga dan mempermudah petugas BPN untuk bekerja dengan aman dan nyaman,” jelasnya.

Program ini menurut Fredy Martin, fapat memberantas mafia tanah yang ada di Indonesia, khususnya Kabupaten Banjar.

“Dari total 1 juta patok, Kabupaten Banjar mendapatkan 1.000 patok, dengan total 13 ribu untuk Provinsi Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Exit mobile version