Site icon Kantor Berita Kalimantan

PTAM Intan Banjar Siap Bangun IPA di Sungai Bakung

Direktur Teknik PTAM Intan Banjar, Machmud Mansyur

KBK.News, MARTAPURA – Perseroan Terbatas Air Minum (PTAM) Intan Banjar rencanakan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Sungai Bakung, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Rencana ini juga telah dilakukan ekspose di DPRD Kabupaten Banjar beberapa waktu lalu.

Direktur Teknik PTAM Intan Banjar, Machmud Mansyur menyampaikan, dibangunnya IPA di Sungai Bakung bertujuan untuk memaksimalkan layanan. Tak hanya itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemilik saham utama yakni Pemkab Banjar.

“Kami telah mendapat dukungan positif. Rencana dibangun, itu masih dalam tahap perencanaan dan sudah dikonsep. Mohon doanya agar bisa cepat terealisasi,” paparnya, Rabu (3/7/2024).

Ungkap Mahmud, jika terdapat gangguan di IPA Syarkawi maupun jalur lain. Maka, IPA Sungai Bakung menjadi alternatif mengatasi masalah ini. Melihat Sungai Bakung juga berada diwilayah ujung Kabupaten Banjar salah satu langkah kongkritnya adalah membangun di lokasi tersebut.

“Kawasan Sungai Tabuk dan sekitar berada di zona pelayanan Cabang II Kertak Hanyar. Ragam upaya telah dilakukan agar distribusi di kawasan Sungai Tabuk, terutama kawasan perbatasan seperti Sungai Lulut dan Sungai Bakung yang berada di ujung layanan ini bisa terlayani maksimal,” ucapnya.

Jadi alasan kuat dibangunnya ini, jika terdapat gangguan di IPA Syarkawi ataupun jalur distribusi, kawasan-kawasan yang berada di ujung jaringan sangat terdampak. Air leding tidak mengalir dua hingga tiga hari, bahkan satu minggu. Hal ini lantaran, air tidak sampai di ujung jaringan.

“Saat ini, petugas sudah punya metode untuk mempercepat proses pengaliran, yaitu menggunakan inline alkon booster. Begitu pompa IPA Syarkawi di-start, metode ini langsung diterapkan,” ucapnya didampingi Kepala Cabang II Kertak Hanyar A Yani dan Kasi Transmisi-Distribusi Alimudin.

Selama ini, kawasan perbatasan Banjarmasin-Banjar seperti Kelurahan Sungai Lulut dan Desa Sungai Bakung disuplai dari IPA Syarkawi Gambut. Dua kawasan ini berada di ujung jaringan distribusi. Alhasil, petugas leding putar otak untuk bisa mengalirkan air leding sampai ujung.

“Inilah salah satu alasan mengapa dibangun IPA di Desa Sungai Bakung,” tutupnya.

Exit mobile version