Kantor Berita Kalimantan

PTAM Intan Banjar Terus Optimalkan Produksi Peningkatan Kualitas Air Bersih

Kantor PT. AM Intan Banjar. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – PT Air Minum Intan Banjar, memastikan pihaknya akan menyelesaikan pembersihan Water Treatment Plant (WTP) dan pengurasan Reservoir IPA (Instalasi Pengelolaan Air) Manarap tepat waktu, agar pendistribusian air di wilayah yang terdampak bisa kembali normal, Rabu (21/2/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Kasubag Hukum dan Humas PTAM Intan Banjar Mahyuni. Ia mengatakan pengerjaan tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan produksi dan peningkatan kualitas air bersih.

Kasubag Hukum dan Humas PTAM Intan Banjar Mahyuni.

“Karena ini harus kita lakukan untuk optimalisasi pelayanan supaya debit air yang kami bersihkan meningkat. Kemudian, kualitas air juga akan ikut meningkat,”ujar Mahyuni, Selasa (20/2/2024).

Saat pengerjaan tersebut, lanjut Mahyuni, lima wilayah di Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, mengalami gangguan pendistribusian air bersih.

“Pelanggan yang terdampak atau tidak mengalir adalah Jalan Ahmad Yani, Km 8 – Km 10 sebelah kiri dan kanan jalan. Di antaranya, Manarap Lama, Manarap Baru, Manarap Tengah, Handil Asang, Handil Barabai, Handil Jambu, dan sekitarnya,” sebutnya.

Mahyuni menjelaskan, kapasitas WTP yang dibersihkan sebanyak 2 unit, masing-masing mempunyai debit air yang dapat diproduksi sekitar 50 liter per detik dan 20 liter. Sedangkan, kapasitas reservoir atau penampungan yang dikuras untuk dibersihkan kurang lebih 200 m3.

“Pembersihannya sekitar 9 jam yakni mulai pukul 08.00 – 17.00 Wita sesuai yang kita jadwalkan tapi mudah-mudahan selesainya lebih awal sehingga dampak gangguan pendistribusian air bersih juga cepat teratasi,” harapnya.

Setelah pembersihan WTP dan reservoir IPA Manarap selama 9 jam selesai dikerjakan, pendistribusian air bersih di lima wilayah di Kecamatan Kertak Hanyar dengan jumlah 14.500 pelanggan terdampak dipastikan kembali berjalan normal sesuai estimasi waktu yang telah ditetapkan.

“Kalau yang dekat, pendistribusian airnya cepat saja cuman untuk yang dibeberapa lokasi paling ujung (kilometer 10 atau di gang) estimasi pengembaliannya bervariasi bisa 4 jam atau satu harian,” tuturnya.

Oleh karena itu, Mahyuni menghimbau agar warga yang menjadi pelanggan PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda) mulai saat ini bisa menyediakan penampungan air. Agar saat pembersihan dilakukan kebutuhan air bersih tetap terpenuhi.

Exit mobile version