Site icon Kantor Berita Kalimantan

Puncak Hari Jadi Ke 22 Kabupaten Pulang Pisau

KBK.NEWS, PULANG PISAU – Puncak Hari Jadi Ke 22 Kabupaten Pulau Pisau Kalimantan Tengah (Kalteng) digelar dalam sebuah upacara dan menjadi momentum meningkatkan pembangunan di daerah ini, Selasa (2/7/2024).

Pada puncak peringatan Hari Jadi Ke 22 Kabupaten Pulang Pisau, hadir Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada Pj. Bupati beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau. Kemudian apresiasi kepada anggota Dewan, dan Forkopimda atas berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dicapai selama ini.

Selanjutnya Wagub Kalteng juga menyampaikan apresiasi kepada para tokoh pendiri dan pendahulu, Bupati dan Wakil Bupati Pulang Pisau periode sebelumnya. Kemudian juga kepada kalangan akademisi, dunia usaha, dan Insan pers, serta seluruh elemen masyarakat, atas jasa, dedikasi, dan kontribusinya terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau.H

Lebih lanjut Wagub mengapresiasi progres positif pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau, yakni pada bulan Mei lalu, berhasil mendapat penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, sebagai Daerah Kabupaten/Kota Terbaik III terbesar se-Indonesia dalam ajang Inabuyer Business To Business To Goverment Expo 2024. Prestasi ini merupakan bentuk apresiasi atas dukungan pemanfaatan produk usaha mikro, kecil, dan koperasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Edy berharap melalui Peringatan Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Pulang Pisau ini hendaknya dapat menjadi momentum memperkokoh semangat kebersamaan, persaudaraan, dan persatuan, untuk bahu membahu memajukan pembangunan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan menumbuhkan kemakmuran daerah.

“Kerja sama dan kolaborasi yang solid seluruh stakeholders dan elemen masyarakat harus terus dibangun, karena menjadi faktor kunci untuk mengatasi ragam tantangan ke depan yang jelas semakin berat, seperti globalisasi, digitalisasi, ancaman krisis pangan, IKN, dan bonus demografi”, ucap Wagub.

Pada kesempatan tersebut, Edy menekankan terkait kemandirian pangan yang harus benar-benar diupayakan bersama, sebagai langkah penting dalam menekan laju inflasi. Misalnya dapat memastikan ketersediaan stok dan harga kebutuhan bahan pokok terjangkau oleh masyarakat yang sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan menekan angka kemiskinan.

“Untuk itu, kita harus bahu-membahu mendukung keberhasilan Program Strategis Nasional Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau, sehingga mampu menjadi daerah lumbung pangan Kalimantan Tengah dan juga IKN”, tegasnya.

Lanjut ia mengungkapkan beberapa hal yang juga harus menjadi prioritas diantaranya pada sektor pendidikan dan kesehatan, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Kalteng yang sehat, berkualitas unggul, dan berdaya saing, percepatan penerapan Sistem PemerintahanBerbasis Elektronik (SPBE), program-program infrastruktur perlu juga terus didorong, serta tepat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sangat mendukung program-program strategis pembangunan kabupaten/kota, termasuk Pulang Pisau”, tegasnya.

Menutup sambutannya, Wagub berpesan tepat tanggal 27 November mendatang, akan digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, mulai dari Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta Bupati dan Wakil Bupati, termasuk di Kabupaten Pulang Pisau, diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Pulang Pisau khususnya dan Prov. Kalteng umumnya, untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada tersebut, dengan menggunakan Hak Suara dan memelihara kerukunan, keamanan, dan kondusivitas di seluruh wilayah Prov. Kalteng Kemudian, kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN), agar tetap menjaga netralitas.

Upacara dihadiri unsur Forkopimda, Kepala OPD lingkup Pemprov Kalteng, Pj. Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani dan Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Pulang Pisau, Sekretaris Kabupaten Pulang Pisau, Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD Lingkup Kabupaten Pulang Pisau, Bupati/Walikota/Pj. Bupati, para pejabat terdahulu, sesepuh, tokoh masyarakay, serta tokoh adat.

Sumber MMC Kalteng (WDY/Foto:Biro Adpim)

Exit mobile version