Site icon Kantor Berita Kalimantan

Ramai Peziarah Sejak Kubah Makam Datu Kalampayan Dibuka

MARTAPURA – Masyarakat sambut gembira dibukanya kubah makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan, sehingga menjadi lebih ramai para peziarah yang datang, Kamis (31/3/2022).

Satgas Covid-19 Kabupaten Banjar Banjar memberikan izin untuk dibukanya Kubah makam Datu Kalampayan atau lokasi wisata religi di Kabupaten Banjar ini. Namun, Satgas tetap meminta agar para peziaran untuk tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

Hery Hidayat, Warga Kota Banjarmasin yang datang berziarah ke kubah makam Datu Kalampayan bersama rombongan keluarga menyatakan menyambut gembira dibukanya kubah makam Wali Allah ini. Apalagi dibukanya kubah makam Datu Kalampayan ini menjelang Bulan Ramadan 1443 H.

“Kami tentu sangat bahagia dan gembira dengan dibukanya kubah makam Datu Kalampayan ini, sebab sebelum dibuka, kami berziarah hanya dari luar saja. Alhamdulillah sekarang boleh masuk ke ke dalam kubah Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari,” ucap Hery Hidayat.

Pemeriksaan Protokol Kesehatan Covid-19 di Kubah Makam Datu Kalampayan.

Selanjutnya, Camat Astambul, Fauzi mengatakan, bahwa pembukaan kubah makan Datu Kalampayan dibuka untuk umum. Namun, pembukaan bagi para peziarah yang datang harus mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, sudah vaksin minimal 2 kali atau booster.

“Kami disini bersama pihak yayasan pengelola kubah Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dan Puskesmas juga akan menggelar vaksinasi di lokasi ini,” ungkap Fauzi.

Berdasarkan pantauan langsung di kawasan makam Datu Kalampayan ini, sejak pagi sudah ramai dengan para peziarah yang datang. Mereka ini datang dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan, bahkan ada juga yang berasal dari Kalimantan Tengah.

Exit mobile version