Site icon Kantor Berita Kalimantan

Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Ke 72 Kabupaten Banjar

MARTAPURA – Rapat paripurna istimewa DPRD Banjar dengan agenda Hari Jadi Ke 72 Kabupaten Banjar dihadiri lengkap pimpinan DPRD, Bupati dan Wakil Bupati Banjar,Senin (15/8/2022).

Rapat paripurna ini langsung dipimpin. Ketua DPRD Banjar H Muhammad Rofiqi. Selain itu unsur pimpinan DPRD Kabupaten Banjar lainnya juga hadir, sehingga lengkap.

Dari unsur eksekutif juga hadir Bupati Banjar H Saidi Mansyur beserta istri, dan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie juga bersama istri lengkapnya pimpinan DPRD Banjar beserta Bupati dan Wakil Bupati Banjar, maka terkesan memang ini rapat paripurna istimewa.

Wakil Ketua DPRD Banjar Akhmad Rizanie Anshari pada rapat ini dipercaya membacakan sejarah singkat lahirnya Kabupaten Banjar, hingga berusia 72 tahun.

Dihadapan Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie yang hadir bersama para istri, Wakil Ketua DPRD Banjar H Akhmad Rijani, membacakan riwayat singkat sejarah Kabupaten Banjar.

Kemudian, Bupati Banjar Saidi Mansyur dalam sambutannya menyampaikan sejumlah pembagunan berkelanjutan yang dilakukan Pemkab Banjar untuk kesejahteraan masyarakat. Namun, ia juga mengakui adanya sejumlah kendala pembangunan di masa pemerintahan akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang berlangsung sekitar 2 tahun terakhir.

”Diharapkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 ini semakin membaik seiring bangkitnya aktivitas perekonomian pasca pandemi Covid-19,” ungkapnya.

H Saidi Mansyur juga mengungkapkan, bahwa pada tahun 2020 angka penduduk miskin 2,55 persen, di tahun 2021 naik menjadi 3,21 persen sebagai dampak pandemi Covid-19 terhadap sendi perekonomian masyarakat.

” Walaupun angka kemiskinan meningkat, tetapi masih tergolong paling rendah di tingkat provinsi Kalimantan Selatan,” ujar dia.  

Saidi Mansyur juga menjelaskan bidang pendidikan, ketersediaan pangan, pertumbuhan perumahan pemukiman serta angka Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang mengalami peningkatan selama 5 tahun terakhir.

Rapat paripurna istimewa ini juga di isi dengan penyerahan tali asih kepada para anggota veteran oleh Ketua DPRD Banjar, H Muhammad Rofiqi.

Pada bagian akhir untuk pembacaan doa dipimpin langsung Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie.

Rapat Paripurna istimewa DPRD Banjar dengan agenda Peringatan Hari Jadi Ke 72 Kabupaten Banjar dihadiri unsur Forkopimda, Sekda Banjar, para staf ahli, para Kepala SKPD, pimpinan perusda dan camat se-Kabupaten Banjar.

 

Exit mobile version