Kantor Berita Kalimantan

Ratusan Kapal Jemaah Haul Guru Sekumpul Berlabuh di Martapura, Terjauh Dari Kalteng

Suasana di Dermaga Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura, menjelang Haul Guru Sekumpul. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – Ratusan kapal jemaah haul ke-19 Abah Guru Sekumpul, berlabuh di Dermaga Murung, Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura, Sabtu (13/1/2024) sore.

Dari pantauan KBK.News dilapangan Pukul 18.00 Wita, ratusan kapal dari berbagai daerah sudah mulai berlabuh di Dermaga Murung kenanga.

Salah satu relawan di Dermaga Murung, M Hamidan, mengatakan jemaah sudah mulai datang ke tempatnya pada hari Kamis (11/1/2023) lalu.

“Jadi sampai hari ini ,Sabtu (13/1), diperkirakan sudah lebih dari 50 kapal dari berbagai daerah singgah atau berlabuh ditempat kami,” ujar Hamidan kepada KBK.News.

Hamidan menyebutkan, bahkan jemaah haul ke-19 Abah Guru Sekumpul berdatangan dari Danau Panggang, Galam Rabah, Bahaur, hingga luar Kalsel, seperti Katingan, Sampit, dan Kapuas (Kalteng).

Kedatangan jemaah Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul disambut baik oleh relawan. (Foto : Rizal)

“Malam ini pasti akan berdatangan lagi jamaahnya, bahkan sampai esok pagi, hingga hari ini diperkirakan sudah lebih dari seribu jemaah yang berlabuh disini” bebernya.

Jemaah yang datang, lanjut Hamidan, langsung disambut warga setempat dengan hidangan makanan dan disediakan penginapan gratis.

Sementara itu, salah satu jemaah dari Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Rusli, menyampaikan rasa syukurnya bisa sampai ke Martapura setelah 12 jam melalui jalur sungai.

“Alhamdulillah, kami kesini ada sekitar 10 rombongan, dan masih ada yang diperjalanan, untuk satu kapal itu paling sedikit 50 jamaah,” pungkasnya.

Exit mobile version