Site icon Kantor Berita Kalimantan

Ribuan Ayam di Cindai Alus Hangus Terpanggang, Kerugian Mencapai Ratusan Juta

KBK.News, MARTAPURA,- Kebakaran yang terjadi di Jalan Kebun Raya, Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa (13/8/2024) pagi, hanguskan Satu buah kandang ayam milik Heriwati yang siap untuk dipanen.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar, dan juga Damkar Swasta yang mengetahui kejadian tersebut, langsung mengarahkan armada Damkar nya ke lokasi kejadian, untuk melakukan pemadaman.

Namun sulitnya titik air di lokasi kejadian menjadi penghambat selama proses pemadaman berlangsung.

Muhammad Ari Maulidin, anggota DPKP yang piket mengatakan, DPKP kabupaten banjar mengarahkan Satu unit Fire Truck Damkar ke lokasi kejadian. Api baru dapat dipadamkan setelah Satu jam lama nya proses pemadaman.

“Kami sempat kehabisan air selama proses pemadaman. Beruntung kurang lebih Dua Ratus meter dari lokasi kejadian terdapat saluran irigasi,” ucapnya.

Dengan dibantu kawan-kawan unit Damkar Swasta, tuturnya. Api pun dapat dipadamkan selama kurang lebih Satu jam lama.

“Satu, dari Dua buah kandang ayam dengan panjang Satu buahnya Lima Puluh meter, lebar Tiga meter setengah, dan kandang tersebut berisi ayam ludes terbakar,” ujar Ari.

Sementara itu pemilik kandang ayam Heriwati saat di konfirmasi mengatakan, kurang lebih 3000 ekor ayam miliknya ikut terbakar.

“Api muncul diperkirakan sekitar pukul 08.00 Wita,’ ujarnya.

Kebakaran tersebut, beber Heriwati diduga karena ada korsleting listrik.

“Saat kejadian ayam-ayam tersebut masih ada yang bisa diselamatkan sekitar 2000 ekor,” pungkasnya.

Akibat peristiwa tersebut, pemilik kandang ayam mengalami kerugian mencapai Ratusan Juta Rupiah.

Exit mobile version