Site icon Kantor Berita Kalimantan

Ribuan Bungkus Konsumsi Disiapkan Untuk Jemaah Haul ke-218 Datu Kelampayan

Ribuan Konsumsi Disiapkan Untuk Jemaah Haul ke-218 Datu Kelampayan. (Foto : Dapur Umum Desa Mekar RT 02 Martapura Timur - Syarif Damkarnews)

KBK.News, MARTAPURA – Untuk menunjang kegiatan Haul ke-218 Maulana Syech Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kelampayan), ribuan bungkus konsumsi akan disiapkan relawan di beberapa pos dapur umum, Sabtu (13/4/2024).

Perlu diketahui, Haul ke-218 rencananya akan di laksanakan di Masjid Tughfaturraghibin, Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, pada hari Senin, 15 April 2024.

Diantaranya pos dapur umum yang berada di Pasar Papan, Desa Antasan Senor Ilir, Kecamatan Martapura Timur, sudah memulai aktivitas jelang haul Datu Kalampayan.

Dilokasi dapur umum, terpantau para warga, baik laki-laki maupun perempuan, sedang mengupas bawang putih, merah, serta cabe merah keriting, dan juga melipat bungkus nasi, untuk konsumsi nantinya.

Terpantau juga ada beberapa orang dari Dinas Pertanian, Bidang Pengendalian Kesehatan Hewan, mendatangi pos Dapur Umum tersebut, untuk dilakukan pemeriksaan hewan sapi yang nantinya akan dijadikan konsumsi oleh jemaah haul.

Anang Abdul Basith, selaku Koordinator Pos Dapur Umum, mengatakan bahwa salah satu pos dapur umum yakni yang terletak di Pasar Papan selalu mendirikan dapur umum, baik haul Datu Kalampayan maupun Haul Guru Sekumpul.

“Alhamdulillah untuk tahun ini pos dapur umum disediakan oleh donatur sebanyak satu ekor sapi serta rempah-rempah (bumbu) dan juga sekitar kurang lebih 300 liter beras yang akan kami masak,” ujar Abdul Basith, Sabtu (13/4/2024) siang.

Ia menyebutkan menu yang pihaknya masak nantinya adalah nasi samin. Ia memperkirakan ada sebanyak 1800 bungkus nasi yang akan dibagikan kepada jemaah haul.

“Sementara untuk air mineral , kami Alhamdulillah mendapatkan sumbangan dari donatur sebanyak kurang lebih 60 dus. Dan Insya Allah kami mulai memasak pada hari minggu 14 April 2024 sekitar pukul 24.00 Wita,” tutupnya.

Untuk bantuan konsumsi diperkirakan akan terus bertambah menjelang hari kegiatan haul.

Exit mobile version