Kam. Okt 5th, 2023

MARTAPURA – Dalam rangka Hari Jadi ke 73 Kabupaten Banjar dan HUT ke 78 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten Banjar kembali menggelar Banjar Bersalawat menghadirkan Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf asal Solo Jawa Tengah, di Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Jum’at (25/8/2023) malam.

Ribuan jemaah dari berbagai daerah di Kabupaten Banjar dan sekitarnya turut ambil keberkahan dalam Banjar Bersholawat ini.

Ribuan jamaah padati Banjar Bersholawat bersama Habib Syech. (Foto : Rizal)

Terpantau para jemaah sejak sore hari sudah mulai berdatangan guna mendapatkan tempat yang lebih dekat dengan panggung dengan atribut yang mereka siapkan.

Diawali beberapa syair diantaranya Ya Nabina, Yaman Yaro dan Hama Qolby oleh Guru Fahmi beserta rombongan dari Ar-Raudhah Sekumpul Martapura.

Kedatangan Habib Syech didampingi Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan wakilnya Habib Idrus Al Habsyie beserta pimpinan pondok, tokoh ulama dan habaib, disambut gembira oleh ribuan Syecher Mania.

Habib Syech memulai Banjar Bersalawat dengan syair Allahu Allah kemudian salawat nariyah, Ya Imamarrus, Busyrolana, khobbiri, Allah Allah Al Madad Ya Rasulullah, kisah sang rasul dan lainnya membuat Alun Alun Ratu Zalecha benar-benar bergemuruh.

Sebelumnya, Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Banjar Bersalawat. Ia berharap melalui kegiatan yang agamis ini Kabupaten Banjar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

”Wujud syukur kami pemerintah daerah dalam memperingati HUT ke 78 RI dan Harjad ke 73 Kab Banjar melaksanakan berbagai kegiatan termasuk salah satunya Banjar Bersalawat. Semoga berjalan dengan lancar dan kedepan bisa menggelar kembali,” ungkapnya.

Sementara Habib Ahmad bin Abdullah Al-Habsyi dalam tausiahnya mengisahkan tentang kecintaan umat kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW salah satunya memperbanyak salawat.

Banjar Bersalawat ditutup dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan diakhiri dengan doa oleh Ketua MUI Kabupaten Banjar KH Muhammad Husin.