Site icon Kantor Berita Kalimantan

Ritual Gawe Dayak Naik Dango 2022 Di Singkawang

SINGKAWANG – Kota Singkawang gelar ritual Gawe Dayak Naik Dango 2022 dan dapat disaksikan masyarakat secara langsung sejak 26 sampai 29 Mei 2022 di rumah adat dayak Singkawang, Kamis (26/5/2022).

Ritual adat naik dango dipercaya oleh Suku Dayak sebagai bentuk rasa syukur pada Jubata, sang pencipta yang memberkahi hasil panen berlimpah di setiap ladang mereka. Selain menaikkan syukur, Naik Dango menjadi ritual doa agar panen pada tahun pada musim berikutnya juga berlimpah dan dibebaskan dari hama dan bencana.

Ritual Gawe Dayak Naik Dango dibuka secara resmi Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie yang ditandai dengan pemukulan gong, Kamis (26/5/2022).

Tjhai Chui Mie dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan ritual adat naik dango ini kiranya tidak hanya semata-mata terfokus pada acara seremonial belaka. Menurutnya itu sebagai bagian dari apresiasi terhadap nilai-nilai positif, pelestarian, dan pengembangan kebudayaan, sehingga dapat mewujudkan SDM yang berkualitas, serta memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan.

“Kami merasa bahagia, bahwa Masyarakat Kota Singkawang dengan toleransi yang kuat mampu bekerja sama dalam mewujudkan berbagai event tradisi dan keagamaan yang telah ada sejak lama di kota kita,” tambahnya.

Dari sudut pandang pariwisata, ungkap Tjhai Chui Mie, Naik Dango merupakan event tradisi budaya yang dapat dimaksimalkan sebagai salah satu event pariwisata di Kota Singkawang yang dapat mendatangkan wisatawan. Karena itu, event ini perlu tema yang dikemas sedemikian rupa, sehingga dapat menjadi lebih menarik, dan penuh kenangan bagi wisatawan.

“Hal ini perlu dilakukan perumusan langkah-langkah yang tepat dalam perencanaan dan regulasinya, serta kepastian penanggalan event ini masih harus dikoordinasikan, agar dapat menjadi Calender Event Tourism Singkawang,” ungkap Wali Kota Singkawang ini.

Sumber :infopublik.id 

Exit mobile version