Site icon Kantor Berita Kalimantan

RS Raza Martapura Nol Pasien Covid-19

Dirut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha (Raza) Martapura dr Tofik Norman Hidayat tegaskan per 28 Oktober 2021 tercatat nol pasien Covid-19 di RSUD Raza, Kamis (28/10/2021). 

Dirut RSUD Raza Martapura ini membeberkan, bahwa jumlah pasien di IGD 0 orang (0 Kabupaten Banjar, 0 luar wilayah). Kemudian Jumlah pasien yang dirawat di ruang isolasi untuk Dewasa dan anak 0 orang (0 Kabupaten Banjar, 0 luar wilayah), Bayi 0 orang (0 Kabupaten Banjar, 0 luar wilayah).

“Kapasitas bed untuk Covid-19 saat ini tersedia ada 60 bed dewasa dan anak
3 inkubator bayi. Jumlah pasien meninggal dan jumlah karyawan atau petugas Nakes yang terpapar saat ini juga nol atau nihil,” sebut dr Tofik.

Namun beberapa hari yang lalu, ucap dr Tofik, ada 2 orang pasien dirawat di ruang Covid-19 dengan gejala berupa sesak nafas yang diduga karena kadar oksigen di dalam tubuhnya menurun.

“Bukan berarti kedua pasien tersebut terpapar Covid-19, ini hanya antisipasi saja. Namun setelah dilakukan sample di laboratorium, hasilnya dinyatakan negative. Artinya saat ini di rumah sakit kita, tidak ada pasien Covid-19,” jelasnya.

Perlu diketahui juga , ruang inap pasien Covid-19 berada di ruang VIP Intan. Dimana ruangan tersebut jauh terpisah dengan ruangan pasien non Covid-19.

Meskipun kasus Covid-19 mulai menurun, Dirut RSUD Raza Martapura mengimbau kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Banjar, agar tetap menaati protokol kesehatan (prokes), agar menghindari kembali terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

“Prokes harus tetap dijalankan. Karena walaupun kita sudah di vaksin, kalau tidak dispilin dengan prokes ya percuma saja,” tuturnya.

Ditambahkan nya bahwa RSUD RAZA akan selalu siap untuk mengerahkan tim medis dan distater planning juga sudah disiapkan.

“Jadi, apabila kembali terjadi adanya lonjakan kasus Covid-19, planning yang sudah kita siapkan sebelumnya sudah tersusun sehingga kita siap. Petugas medis pun juga sudah kami persiapkan sewaktu kembali terjadinya lonjakan kasus tersebut. Terlebih ruangan-ruangan mana yang perlu dikosongkan untuk rawat inap pasien Covid-19, sudah kami persiapkan juga,” ungkapnya.

Namun, dirinya berharap kedepannya tidak ada lagi lonjakan kasus Covid-19. Sehingga bisa cepat berakhir pandemi ini,” harapnya

Exit mobile version