Sambut MTQ Nasional XXIX 2022 Tugu Kabupaten Banjar Dibersihkan

MARTAPURA – Sambut MTQ Nasional XXIX 2022 di Kabupaten Banjar puluhan pemuda dari berbagai organisasi membersihkan monumen yang merupakan tugu kebanggaan masyarakat Kabupaten Banjar.

Pembersihan monumen yang berlogo Kabupaten Banjar tersebut, dilaksanakan di Jalan A Yani KM 40, depan rumah dinas Bupati Banjar dan Mahligai Sultan Adam Martapura, Sabtu (8/10/2022), pagi.

Kepala Bidang Pemuda pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Noor Syawli Syahri, menuturkan, penyelenggaraan tersebut selain sebagai bentuk kepedulian sosial agar terus mengingat kembali sejarah perjuangan di daerah ini juga sekaligus menjadi momen penyambutan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati 28 Oktober.

“Bertepatan juga sebagai tuan rumah menyambut perhelatan MTQ Nasional XXIX di Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan di Martapura, Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Tujuan dilakukannya itu, menurut dia, selama ini belum ada perawatan. Namun, melalui anggaran yang tersedia setidaknya dapat memberikan kesan indah untuk monumen bersejarah itu.

IMG-20221008-WA0069-01

“Untuk pengecatan fokus dengan logo Kabupaten Banjar karena ranah tugu secara keseluruhan kan kewenangannya Disperkim dan LH,” ungkap Kabid Pemuda Disporabudpar Banjar, Syahri.

Selanjutnya, ia membeberkan, akan melakukan lagi pengecatan di tugu selama datang, Jembatan Sungai Paring Martapura. Bahkan, hal tersebut sudah mendapat dukungan serta arahan langsung dari Bupati Banjar Saidi Mansyur.

“Bupati mempersilahkan asal dengan hati-hati dan mudahan bisa terlaksana,” ucapnya.

Aksi sosial gabungan yang dilaksanakan secara bergotong royong ini diikuti oleh organisasi kepemudaan diantaranya Orpala X PAS Borneo Martapura, Mahipa IAID Martapura, Komite Nasion Pemuda Indonesia (KNPI), Dinas Damkar Kabupaten Banjar, PC PMII, Pasudam, PASMAN SMA Negeri 1 Martapura dan Sispala Perisai SMA Negeri 2 Martapura, FKM, Pemuda Anshor, Pawadahan Nanag Galuh dan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Banjar.

admin

Redaktur KBK.NEWS

Mungkin Anda Menyukai