Site icon Kantor Berita Kalimantan

Sejumlah Ruas Jalan di Martapura Akan Ditutup Pada Haul ke-19 Guru Sekumpul, Berikut Pengalihannya

KBK.News, MARTAPURA – Menjelang Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul, berbagai hal telah disiapkan berbagai instansi untuk menunjang lancarnya kegiatan tersebut, Kamis (11/1/2023).

Salah satunya Polres Banjar, yang akan melakukan pengamanan dan pengalihan rute untuk jalur angkutan barang (truk kapasitas besar) diberlakukan pada saat Haul Guru Sekumpul ke 19 dilaksanakan.

Kapolres Banjar, AKBP M Ifan Hariyat Taufik, mengatakan pada Jumat, 12 Januari 2024 pihaknya bersama tim gabungan sudah mulai melakukan pemantau di lapangan.

“Pengalihan arus kita tentatif, bilamana arus lalu lintasnya mulai padat dan ramai lalu kami alihkan,” ujar Kapolres Banjar.

Apabila volume kendaraan mengalami peningkatan, lanjut Ifan Hariyat, maka akan pihaknya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas.

“Mengingat, pemetaan (mapping) sejumlah titik rute pada pelaksanaan haul sudah ditentukan bersama tim gabungan, jadi saat hari H, semua arus menjadi jalur satu arah menuju Martapura. Sementara untuk arah hulu sungai (banua enam), Tanah Laut dan Banjarmasin, kami arahkan ke dalam untuk semua kendaraan,” jelas Ifan Hariyat.

Sementara, pada Minggu, 14 Januari 2024, Kapolres Banjar memastikan akan menutup akses utama di Jalan Ahmad Yani Martapura kalau volume kendaraan sudah sangat meningkat.

Terlebih kendaraan besar seperti truk dan sejenisnya, beber Ifan, pihaknya akan mengalihkannya ke jalan simpang 3 Haji Duan yang tembus ke Jalan Trikora Banjarbaru.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Banjar, AKP Risda Idfira, mengungkapkan, apabila kendaraan non jamaah yang melintas di poros utama sudah ditutup, maka, otomatis jalur alternatif sebagai gantinya.

“Untuk mobil besar (truk pengangkut barang) sudah dialihkan ke kilometer (KM) 94 bisa tembus di sungai puting dan kendaraan-kendaraan besar juga bisa melewati kilometer (KM) 71 tembus ke Bakumpai nanti mohon di bantu dari jajaran Polres Tapin,” ungkapnya saat pemaparan rekayasa lalin pengamanan Haul Guru Sekumpul ke 19.

Dirinya menegaskan, apabila jalanan sudah penuhi jamaah. Maka, jalan poros utama ditutup dan otomatis dialihkan.

“Apabila sudah full (penuh) maka dari jalan Haji Duan kita sudah tutup mati. Kendaraan bakal dialihkan dari by pass tembus ke Banjarbaru,” pungkas Risda.

Exit mobile version