Site icon Kantor Berita Kalimantan

Serunya Lomba Karungut Seni Budaya Khas Dayak Kalteng di FBIM 2024

Penampilan salah satu peserta lomba karungut dari Kota Palangka Raya di FBIM 2024 (Foto MC Kota Palangka Raya).

KBK.NEWS, PALANGKA RAYA – Lomba Karungut di Festival Isen Mulang 2024 menjadi salah satu tontonan paling seru, karena dipenuhi dengan nilai budaya khas masyarakat Dayak Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (22/4/2024).

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024 yang digelar oleh Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) makin meriah dan semarak. FBIM 2024 yang juga menjadi salah satu even utama dalam memeriahkan Hari Jadi Ke – 67 Provinsi Kalimantan Tengah ini termasuk dengan digelarnya Lomba Karungut.

Lomba Karungut yang digelar di Halaman GOR Serbaguna Kota Palangka Raya tersebut diikuti beberapa peserta dari berbagai kabupaten/kota di Kalteng.

Pada final Lomba Karungut untuk kategori putra juara I diraih dari Kabupaten Murung Raya, juara II Kabupaten Katingan, dan juara III Kabupaten Pulang Pisau.

Koordinator tim karungut Kabupaten Murung Raya (Mura), Fadrik mengatakan, peserta Lomba Karungut dari Murung Raya sudah tampil baik. Hal itu dilakukan dengan melakukan sejumlah persiapan sehingga meraih hasil yang diinginkan.

“Karungut kategori putra Murung Raya dengan vokal, Icong dan Karungut kategori putri Murung Raya dengan vokal, Diva. Pemain musik diantaranya, Yoyok, Nawan, Dony, Simon, Basirmanto, Fadrik, Totong,” jelas Fedrik.

Sekilas informasi, karungut salah satu jenis kesenian tradisional suku dayak Kalimantan Tengah (Kalteng) berupa sastra lisan yang dilagukan. Isi dari syairnya karungut biasanya merupakan pesan moral dan motivasi untuk masyarakat.

Exit mobile version