Site icon Kantor Berita Kalimantan

Servak Maritim Lanal Banjarmasin Layanan Vaksinasi Jemput Bola

Lanal Banjarmasin jempul bola ke Guntung Manggis, Banjarbaru untuk vaksinasi masyarakat dalam kegiatan rutin Servak Maritim, Rabu (6/10/2021).

Guna mendukung percepatan atau akselerasi penanggulangan Covid-19, Lanal Banjarmasin kembali melaksanakan pemerataan Operasi Serbuan Vaksinasi (Servak) Maritim. Langkah yang dilakukan oleh Lanal Banjarmasin dengan tidak hanya terfokus di wilayah pesisir, namun juga jemput bola dalam pelayanan vaksinasi gratis.

Jemput bola vaksinasi yang dilakukan Lanal Banjarmasin, yakni dengan menyasar wilayah perkotaan, seperti ke Kota Banjarbaru, yakni di Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin.

Pada Servak Maritim di Guntung Manggis, Banjarbaru ini, Lanal Banjarmasin melalui 23 Vaksinator menyuntikan vaksi jenis Sinovac dan Astrazeneca. Servak jemput bola untuk pelayanan vaksinasi ke Guntung Manggis ini sebanyak 320 orang berhasil divaksin dengan aman.

Terkait dengan giat ini, Komandan Lanal Banjarmasin
Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr Hanla malalui ketua penyelenggara Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti mengatakan
Operasi Servak Maritim akan terus digencarkan sampai dengan hasil pencapaian yang maksimal.

“Servak Maritim tetap kita gencarkan, terutama terhadap masyarakat Pesisir dan para remaja atau pelajar yang belum terjamah Vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis ke 2,” jelasnya.

Menurut dr Meutia, upaya percepatan Pandemi Covid-19 di tanah air ini akan segera berakhir, tetapi dibutuhkan kesabaran. Selain itu juga sangat diperlukan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan saat beraktivitas, salah satunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Hal lain pentingnya, yakni bervaksin agar tercipta kekebalan kelompok (herd immunity). Perlu pola hidup sehat guna meningkatkan imunitas tubuh, sehingga terlindungi dari serangan Virus,” tegasnya.

Terpisah, Parmaji, 63 tahun, warga Pesisir dari Kecamatan Sungai Tabuk yang mengikuti Servak Maritim ini mengatakan, ia terbantu dengan adanya vaksinasi gratis dari Lanal Banjarmasin.

“Alhamdulillah telah berhasil mendapatkan layanan vaksinasi gratis dari TNI AL ini. Untuk itu saya pribadi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Lanal Banjarmasin,” pungkasnya.

Berdasarkan data, sejak Bulan Juni, hingga saat ini Lanal Banjarmasin sudah menyelenggarakan Serbuan Vaksinasi sebanyak 43 kali. Dari kegiatan tersebut telah berhasil memvaksinasi 14.876 orang (1.487 Vial).

Exit mobile version