SINOMAN HADRAH DI PERTANDINGKAN DI KABUPATEN BANJAR

MULAI KURANG DIMINATI
Komitmen pemerintah Kabupaten Banjar dalam mengangkat dan mengembangkan kesenian khas Banjar terus digulirkan, diantaranya adalah dengan terus melakukan pembinaan seta menggelar berbagai lomba terhadap kesenian khas Banjar tersebut.
Seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupate Banjar pada Kamis 14 Agustus 2013, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke 63, kembali menggelar lomba Sinoman Hadrah yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas setempat.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupaten Banjar yang juga bertindak selaku Ketua Panitia kegiatan tersebut H. Abdul Gani Fauzi melaporkan, kegiatan Lomba Sinoman Hadrah tingkat Kabupaten Banjar tersebut bertujuan untuk terus melestarikan kesenian Hadrah yang saat ini mulai kurang diminati oleh kalangan generasi muda, selain itu para orang tua sesepuh sinoman hadrah pun mulai berkurang, sehingga keberadaan kesenian Sinoman Hadrah tersebut mulai berkurang.
Untuk itu pihaknya berharap, kepada para generasi muda mau untuk mempelajari kesenian sinoman hadrah, dimana dalam kesenian tersebut banyak sekali terselip nilai-nilai positif, baik itu nilai budaya, nilai sosial serta nilai-nilai keagamaan.

H. Abdul Gani Fauzi juga berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan terhadap grup-grup yang sinoman hadrah yang ada di Kabupaten Banjar, salah satunya dengan cara menggelar kegiatan lomba-lomba terhadap kesenian tersebut.
Dengan demikian melalui lomba yang digelar rutin setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupaten Banjar diharapkan perkumpulan sinoman hadrah yang ada dikabupaten Banjar dapat terus lestari, serta tetap mendapat tempat ditengah-tengah masyarakat setempat.

Sementara itu keluar sebagai juara I pada lomba Sinoman Hadrah dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Bajar ke 63 tahun 2013 tersebut adalah grup sinoman hadrah Al-Hikmah dari desa Sungai Rangas Hambuku, juara II diraih oleh grup Karya Baru dari desa Sungai Batang Ilir dan juara III diraih oleh grup Karya Masa dari desa Lok Baintan. Dalam kesempatan tersebut panitia juga memberikan hadiah kepada pemayung terbaik I yakni grup Karya Baru dan pemayung erbaik II diraih oleh grup Al-Hikmah keluar sebagai grup faporit adalah grup Karya Masa.
Para pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa piala bergilir dan tropy serta uang pembinaan dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupate Banjar.

admin

Redaktur KBK.NEWS

Berita Terkait

More From Author