Site icon Kantor Berita Kalimantan

Starlink Elon Musk Bakal Hadir di Kabupaten Banjar

KBK.NEWS MARTAPURA – Tingkatkan jaringan telekomunikasi masyarakat Pemkab Banjar melalu Dinas KISP menyiapkan layanan Internet Starlink miliknya Elon Musk, Jumat (2/8/2024).

Sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar masih ada yang blank spot (tempat tidak tersentuh sinyal komunikasi). Karena itu  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan telekomunikasi hingga ke pelosok desa.

Mengikuti perkembangan teknologi komunikasi terbaru, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar berencana gunakan layanan Starlink miliknya Elon Musk.

Menindaklanjuti rencana tersebut, Bidang Penyelenggaraan E-Government DKISP Banjar melaksanakan Sosialisasi Layanan Starlink. Sosialisasi ini menghadirkan perwakilan Smartfren for Business, di Aula Cakrawala DKISP, Martapura, Kamis (1/8/2024).

Tim Smartfren Business Account Manager Region Kalimantan Sandy Wisuda Adi Pradana menjelaskan Internet Starlink menggunakan jaringan satelit low earth orbit (LEO) atau satelit orbit rendah bumi.

“Dengan satelit LEO, Starlink mengklaim mampu menyediakan akses internet ke lokasi terpencil atau area yang memiliki tantangan geografis dan tidak dapat dijangkau oleh infrastruktur komunikasi konvensional,” jelas Sandy.

Menurut Sandy, Starlink dapat memberikan konektivitas dengan latensi yang lebih rendah, sehingga pengalaman komunikasi pun menjadi lebih mulus. Sebagai ilustrasi, bila menggunakan teknologi VSAT bisa memberikan latensi 700-600 ms maka Starlink bisa memberikan latensi yang stabil di bawah 100 ms.

Menurut Sandy hal tersebut akan mempengaruhi pengalaman pengguna, baik dalam mengoperasikan alat pemantau dari jarak jauh. Misalnya untuk pengiriman pesan teks atau video, hingga kebutuhan lainnya.

“Dengan adanya layanan Starlink, kami berharap masalah koneksi internet dan daerah blank spot dapat teratasi untuk terciptanya layanan publik yang lebih cepat dan efektif,” pungkasnya.

Sumber: Suara Banjar

Exit mobile version