Site icon Kantor Berita Kalimantan

Suara PSI di Kabupaten Banjar Menggelembung 15 Ribu Dikoreksi

KBK.NEWS, MARTAPURA – Meroket nya dan Menggelembungnya perolehan PSI lebih dari 15 ribu suara di Kabupaten Banjar akhirnya menuai protes dan dikoreksi di rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Kalsel, Jumat (8/3/2024).

Pembacaan perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dibacakan KPU Kabupaten Banjar di rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tersebut menuai protes dari saksi partai politik. Pasalnya berdasarkan data yang dipegang para saksi parpol, yakni PSI di Kabupaten Banjar hanya meraih 2.681 suara, bukan meroket dan menggelembung menjadi 17.633 suara atau sekitar 15 ribu suara.

Menanggapi hasil perolehan suara yang meroket dan tidak sesuai dengan data yang riil tersebut, saksi dari PSI menegaskan pihaknya tidak melakukan penggelembungan atau merubahnya.

“Ini bukan PSI yang melakukan penggelembungan suara, tetapi KPU sendiri yang salah input,” tegas Roby saksi dari PSI di pleno penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Kalsel di Galaxy Hotel Banjarmasin, Kamis (7/3/2024) malam.

Setelah menuai protes atas perolehan suara PSI di Kabupaten Banjar akhirnya KPU Kabupaten Banjar yang disaksikan KPU Kalsel melakukan koreksi, sehingga secara resmi PSI hanya meraih 2.681 suara.

Exit mobile version