Sudah 4 Bulan, Jalan Ambles di Desa Teluk Selong Belum Diperbaiki

MARTAPURA – Ruas Jalan Martapura Lama, yang terletak di Desa Teluk Selong, Kecamatan Martapura Barat, mengalami kerusakan yang parah karena ambles, Minggu (5/11/2023).

Jalan ambles tersebut, bukan yang pertama di Jalan Martapura Lama. Sebelumnya Jalan Martapura Lama di Desa Sungai Batang dan Sungai Rangas juga terdapat jalan yang ambles.

Bahruni, yang merupakan salah satu warga Desa Teluk Selong , mengatakan peristiwa amblesnya jalan tersebut sudah terjadi sejak 4 bulan yang lalu, dan sampai saat ini belum.ada perbaikan.

“Setahu kami belum ada perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah sejak jalan ini rusak. Padahal kondisinya sudah semakin rusak, dan sudah ada pengendara roda dua yang terjatuh saat melintas,” ujar Bahruni.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Banjar, Irwan Bora, menyayangkan lambannya proses penanganan yang mestinya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar.

Sebab, lanjut Irwan, jika tetap dibiarkan, dikhawatirkan kondisi tersebut dapat mengancam keselamatan masyarakat yang melintas.

“Melihat kondisi infrastruktur seperti ini, keberadaan Dinas PUPRP Kabupaten Banjar perlu dipertanyakan. Bagaimana mungkin ada kerusakan jalan yang lumayan berat tak tersentuh, padahal sudah terjadi selama empat bulan lamanya,” jelas Irwan Bora.

Sementara itu, Jimmy selaku Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPRP Kabupaten Banjar memastikan pihaknya sudah melakukan penanganan darurat pada akhir September 2023 lalu.

“Kami sudah melakukan penanganan darurat dengan penghamparan material. Ternyata badan jalan tersebut kembali mengalami penurunan. Karena itu harus dilakukan penyelidikan tanah (soil investigation),” beber Jimmy.

Berdasarkan hasil penyelidikan tanah nantinya, lanjut Jimmy, secara paralel Dinas PUPRP dapat melakukan perencanaan.

“Saat ini masih proses perencanaan untuk melakukan penangan ruas Jalan Martapura Lama yang amblas kurang lebih sepanjang 60 meter, dan lebar 6 meter. Sedangkan untuk penanganan ke dalam masih menunggu hasil perencanaan, karena kedalamannya bervariasi, yakni sekitar 30-40 Cm,” tutupnya.

Mungkin Anda Menyukai