Site icon Kantor Berita Kalimantan

Surat Suara Pemilu 2024 Tiba di Gudang Logistik KPU Banjar

BANJARBARU – Suara suara untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Banjar, tiba di gudang logistik KPU Banjar, yang berada di Banjarbaru Senin (18/12/2023).

Di lokasi gudang logistik KPU Banjar, terdapat dua kontainer yang membawa surat suara dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menuju Banjarbaru, dari informasi yang didapatkan, jumlah surat suara yang diterima ada berjumlah 862 box.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar, Muhammad Nor Aripin, mengatakan, jumlah lembar surat suara yang diterima pihaknya harus disortir lagi.

“Kalau untuk mengetahui jumlahnya berapa kita harus melakukan mekanisme sortir dulu ya. Nah, barulah keluar jumlah tersebut. Karena kalau diperkirakan kita tak bisa seperti itu,” ujar Aripin.

Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Banjar jumlahnya mencapai 421.577 pemilih. Namun, untuk memastikan agar tak salah, kata Aripin, sekali lagi harus dilakukan menyortiran surat suara.

“Ini hasil pleno kita di bulan Juli kemarin. Yang jelas, acuan dasarnya pengajuan surat suara itu berdasarkan jumlah pemilih kita,” ungkap dia

Guna mencegah agar tak terjadi kekeliruan dalam surat suara pemilihan caleg, Aripin memastikan pihaknya mengantisipasinya lebih awal.

“Proses validasinya telah kita laksanakan sebanyak 2 kali melibatkan peserta pemilih, KPU pusat, dan daerah,” tutupnya.

Dua kontainer yang didaratkan di gudang logistik KPU Kabupaten Banjar tersebut. Terdiri dari surat suara DPD, DPRD kabupaten, dan DPRD Kalsel.

Exit mobile version