DAERAH

Tambah Pengetahuan Petani, Aspekpir Kalsel Gelar Workshop Promosi UKMK Sawit

BANJARMASIN – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (Aspekpir) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kalimantan Selatan menggelar Workshop Promosi UKMK Sawit, Senin (16/10/2023).

Menghadirkan 100 petani sawit dari Kabupaten Barito Kuala yang digelar pada 15-16 Oktober, di Mahakam Room, Hotel Aria Barito, Banjarmasin.

Kepala Divisi UKMK BPDPKS, Helmi Muhansyah mengatakan untuk mengenalkan sekaligus mengembangkan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) berbasis kelapa sawit, yang merupakan salah satu komoditas unggulan daerah.

“Program ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan petani akan produk-produk turunan dari kelapa sawit. Ini langkah kita untuk men-deliver kebaikan-kebaikan dari kelapa sawit yang tidak banyak orang ketahui,” ujar Helmi.

Helmi juga mengapresiasi langkah Aspekpir Kalsel. Ia berharap program ini tak terhenti di sini saja. “Semoga berkelanjutan dan peserta manfaatkan kesempatan ini,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Aspekpir Kalsel, Jayadi memaparkan kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan khasanah pengetahuan petani sawit.

“Bahwa komoditas sawit dapat diolah menjadi produk turunan. Seperti minyak sawit merah, sabun mandi, deterjen, sampo, dan sebagainya,” papar Jayadi.

Ia melanjutkan, workshop ini juga untuk mengembangkan sawit berkelanjutan. Sehingga tak hanya mengolah produk, tetapi membuatnya bernilai jual.

“Ke depannya, kita berharap program serupa terus mendapat dukungan dari BPDPKS. Sehingga pengembangan hilirisasi kelapa sawit di Kalsel semakin maju. Dengan berkembangnya hilirisasi, petani-petani sawit kita pun mendapat nilai tambah,” pungkasnya.

Workshop menghadirkan narasumber berkompeten. Di antaranya Ketua Umum Aspekpir Indonesia, Setiyono, dan Dosen Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, Joko Purnomo.

Workshop serupa juga akan berlanjut di Hotel Novotel, Banjarbaru, pada 17-18 Oktober. Diikuti oleh 100 peserta dari Kabupaten Tapin, Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Rizal News

Recent Posts

Polda Kalsel Resmi Pindah Markas ke Banjarbaru

KBK.News, BANJARBARU - Polda Kalsel menggelar upacara perpindahan Markas Komandan, upacara tersebut ditandai dengan berpindahnya… Lanjutkan Membaca

20 menit ago

Mulai Besok Jamaah Haji Asal Kalsel Pulang Ke Tanah Air

KBK.NEWS, MADINAH - Mulai besok jamaah haji Kalsel gelombang pertama debarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin pulang… Lanjutkan Membaca

3 jam ago

Karhutla Mulai Terjadi di Wilayah Tumbang Nusa Kalteng

KBK.NEWS, PULANG PISAU - Ancaman Karhutla mulai terjadi di Kalimantan Tengah (Kalteng) kebakaran terpantau di… Lanjutkan Membaca

4 jam ago

Piala Eropa, Gol Bunuh Diri Italia Loloskan Spanyol

KBK.NEWS, GELSENKIRCHEN - Gol bunuh diri bek Italia, Riccardo Calafiori di menit ke-55 pastikan Timnas… Lanjutkan Membaca

7 jam ago

HM Iqbal : Penanganan Stunting di Kabupaten Banjar Belum Maksimal Karena Kurang Koordinasi Antar Instansi

KBK.News, MARTAPURA - Beberapa instansi yang melakukan penanganan stunting di Kabupaten Banjar dianggap kurang kerjasama… Lanjutkan Membaca

10 jam ago

Besok, Markas Polda Kalsel Secara Resmi Akan Pindah ke Banjarbaru

KBK.News, BANJARBARU - Besok, Jumat (21/6/2024) seluruh Anggota Polda Kalsel akan berkantor di Markas yang… Lanjutkan Membaca

1 hari ago