Site icon Kantor Berita Kalimantan

Tegas ! Golkar Cabut SK Dukungan Kepada Bupati Banjar Petahana H Saidi Mansyur

KBK.NEWS MARTAPURA – Partai Golkar mencabut surat keputusan (SK) dukungan terhadap Bupati Banjar Petahana H Saidi Mansyur setelah usulan pasangan wakil bupati dari partai berlambang pohon beringin ditolak, Senin (19/8/2024).

Sebelumnya DPP Partai Golkar telah mengeluarkan surat keputusan (SK) untuk mendukung dan mengusung Bupati Banjar Petahana H Saidi Mansyur berpasangan dengan kader Partai Golkar Hj Yuliani untuk maju di Pilkada Kabupaten Banjar 2024. Hal tersebut terlihat dari salinan surat keputusan (SK) dari DPP Partai Golkar dengan Nomor : Skep – 829/DPP/GOLKAR/VII/2024. SK DPP Partai Golkar ini ditandatangani Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Namun diduga Bupati Banjar Petahana H Saidi Mansyur menolak untuk dipasangkan dengan kader Partai Golkar Hj Yuliani yang juga anak dari Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banjar, H Rusli.

Terkait dengan pencabutan dukungan Partai Golkar terhadap Bupati Banjar Petahana H Saidi Mansyur dibenarkan Seketaris DPD Golkar Kabupaten Banjar,Chairil Anwar.

“Ya benar Partai Golkar tidak menemukan chemistry dengan Bupati Banjar Petahana H Saidi Mansyur, sehingga SK Partai Golkar ditarik kembali dan serahkan ke DPP Partai Golkar. Selanjutnya menjadi kewenangan DPP Partai Golkar kemana dukungan akan diberikan dan kami siap melaksanakan,” jelasnya, Minggu (17/8/2024) malam melalui sambungan telepon.

Chairil juga menyampaikan, bahwa penolakan Bupati Banjar Petahana H Saidi Mansyur atas usulan wakil bupati yang mendampinginya, karena masih ingin tetap bersama dengan Habib Idrus Alhabsy yang kini juga Wakil Bupati Banjar petahana.

“Alasan penolakan terhadap Calon Wakil Bupati Banjar sesuai SK DPP Partai Golkar, karena Bupati Banjar Petahana masih ingin tetap bersama Wakil Bupati Banjar petahana Habib Idrus Alhabsy,” tegas Chairil Anwar.

Menurut Chairil, pihaknya saat ini masih menunggu keputusan DPP Partai Golkar untuk menentukan dukungan di Pilkada atau Pilbup Kabupaten Banjar 2024.

“Kami di DPD Partai Golkar Kabupaten Banjar tegak lurus dengan perintah DPP Partai Golkar untuk dukungan di Pilkada Kabupaten Banjar 2024,” ujar Chairil Anwar yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Banjar ini.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Banjar Petahana terkait dengan dengan dukungan partai politik di Pilkada Kabupaten Banjar 2024, termasuk dari Partai Golkar.

Sementara ini dari informasi yang dihimpun Bupati Banjar Petahana H Saidi Mansyur telah mendapat dukungan dari Partai Nasdem yang memiliki 7 kursi di DPRD Kabupaten Banjar. Untuk bisa maju di Pilkada Kabupaten Banjar minimal pasangan calon harus mendapat dukungan 9 kursi di DPRD Kabupaten Banjar.

Kemudian untuk pesaingnya H Syaifullah Tamliha yang akan maju di Pilkada Kabupaten Banjar diprediksi mendapat dukungan PPP, PKS, PKB, Gerindra, Gelora, PDIP, PBB,hingga PSI yang non parlemen. Tidak mustahil juga H Syaifullah Tamliha juga akan mendapat dukungan dari Partai Golkar.

 

Exit mobile version