UMUM

Tiga Desa Di Kabupaten Banjar Diserang Demam Chikungunya

Martapura : Saat ini sedang terjadi wabah penyebaran penyakit demam chikungunya di tiga desa di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan . Ketiga desa itu masing masing, Desa Sungai Tabuk Keramat, Desa Sungai Tabuk Kota dan Desa Gudang Tengah .
”  korban dari tiga desa itu yang terkena wabah deman chikungunya sebanyak  lebih dari 60 orang , ” terang Kepala Puskesmas Sungai Tabuk .
 Menurut Dokter Lailatul Jannah  , kini pihaknya terus melakukan bantuan terhadap masyarakat yang terkena demam Chikungunya  dan terus memberikan   penyuluhan kepada masyarakat agar nyamuk  aedes  aegepti   tidak terus menularkan virus cikungunya dengan  memebersihkan   tempat berkembang biaknya nyamuk  melalui pembersihan sarang nyamuk serta pemberian bubuk abate dan bahkan juga melalui fogging atau pengasapan. Disamping itu Ia menganjurkan agar masyarakat menggunakan kelambu atau lotion untuk menghindari gigitan nyamuk yang bisa menularkan virus chikungunya tersebut.
Pada kesempatan yang sama Dokter lalila juga mengungkapkan Gejala yang biasanya ditimbulkan dari demam cikungunya identik dengan demam berdarah dengue yakni demam yang tinggi, sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, nyeri – nyeri pada persendian  dan timbulnya bintik-bintik merah di kulit  .  Ia juga menambahkan  yang  membedakan dengan demam berdarah  adalah  pada demam chikungunya tidak terjadi perdarahan hebat atau kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *