DAERAH

Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan, DPKP Banjar Latih 48 Petugas Damkar

MARTAPURA – Sebanyak 48 peserta mengikuti pelatihan pemadam kebakaran tingkat dasar tahun 2023, yang digelar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar, di Aula BKPSDM Banjar, Kamis (5/10/2023).

Sekda Banjar HM Hilman mengatakan, sangat bangga melihat antusias peserta untuk mengikuti pelatihan dan sangat mengapresiasi DPKP Banjar dengan penuh dedikasi mampu menyelenggarakan pelatihan ini.

“Pelatihan dasar pemadam kebakaran merupakan suatu kegiatan yang sangat penting karena strategis dalam upaya membangun kemampuan dan keterampilan petugas pemadam kebakaran dalam dunia yang penuh tantangan ini, kemampuan yang cukup adalah kunci utama dalam menolong sesama,” ucap Hilman.

Menurut Hilman pelatihan tersebut adalah kesempatan mendapatkan ilmu untuk dipraktikkan sehingga bekerja tidak sembarangan dan dari ilmu tersebut benar-benar bisa bermanfaat.

”Kalian adalah garda terdepan yang siap sedia memberikan pertolongan dalam kondisi darurat, terutama dalam situasi kebakaran, keberhasilan dan keselamatan masyarakat banyak tergantung pada keahlian dan ketangguhan dalam mengahdapi setiap insiden kebakaran,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala DPKP Banjar Rahmat Kartolo mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang alat-alat pemadam kebakaran serta cara melakukan pemadaman kebakaran yang sesuai dengan ketentuan Kementerian Dalam Negeri.

Lalu, Kabid Pencegahan DPKP Banjar selaku ketua panitia pelaksana Eddy Elminsyah Jaya mengatakan, sesuai amanat peraturan Kemendagri bahwasanya pasukan pemadam kebakaran wajib memiliki keterampilan pemadam kebakaran minimal tingkat dasar.

”Semoga pelatihan ini dapat menjadi bekal pengetahuan untuk peserta dan apa yang kita cita-citakan bisa tercapai,” harap Eddy.

Pelatihan diikuti peserta dari pegawai DPKP Banjar yang bertugas dibidang Kebakaran selama 3 hari. Dengan materi pelatihan diantaranya tentang Teori dan Praktik K3 Bangunan dan Gedung disampaikan oleh Abdul Ghofur Dosen Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat.

Rizal News

Recent Posts

Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 9,5 Ton Oli Palsu

KBK.News, BANJARMASIN - Ditreskrimsus Polda Kalsel menggelar press rilis pengungkapan kasus pembuatan oli oplosan (Palsu)… Lanjutkan Membaca

10 jam ago

Calon Bupati Banjar Syaifullah Tamliha Siap Adu Gagasan Cerdas Bangun Kabupaten Banjar

KBK.NEWS, MARTAPURA - Hadapi Pilbup Banjar 2024, Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha menawarkan adu… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Agar Tidak Disalahgunakan, Polsek Banjarbaru Utara Musnahkan 19 Batang Pohon Kecubung

KBK.News, MARTAPURA - Polsek Banjarbaru Utara menggelar pemusnahan pohon kecubung yang tumbuh di wilayah hukumnya,… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Pemprov Kalteng Lakukan Pencegahan Abrasi Pantai Dengan Vegetasi Tanaman Bakau

KBK.NEWS, SUKAMARA - Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon atau Vegetasi Tanaman bakau (mangrove) guna mengatasi… Lanjutkan Membaca

20 jam ago

Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Banjar Gelar Operasi Patuh Intan 2024

KBK.News, MARTAPURA - Selama 14 Hari, Polres Banjar akan menggelar Operasi Patuh Intan 2024. Operasi… Lanjutkan Membaca

21 jam ago

Diduga Korupsi Kuota Haji KPK Didesak Tangkap Menteri Agama

KBK.NEWS, JAKARTA - Ketua Umum PP PERISAI, Chandra Halim mendesak KPK menangkap Menteri Agama dan… Lanjutkan Membaca

1 hari ago