Site icon Kantor Berita Kalimantan

Tingkatkan Pendapatan Petani, Balangan Kembangkan Tanaman Porang Diantara Kebun Karet

PARINGIN – Para petani di Kabupaten Balangan budidayakan tanaman porang sistem tumpang dari dengan perkebunan karet guna meningkatkan penghasilan mereka, Sabtu (23/4/2022).

Guna memanfaatkan lahan dan tingkatkan penghasilan, para petani karet budidayakan tanaman porang disela pohon karet mereka. Budidaya tumpang sari antara porang dan karet ini mendapat apresiasi Pemkab Balangan.

Bupati Balangan Abdul Hadi mengatakan, Program tumpang sari porang dan karet sangat bernilai tinggi. Hanya saja menurutnya sebagian petani belum familiar dengan jenis tanaman porang yang punya nilai ekonomis tinggi tersebut.

Karena itu, kata Abdul Hadi, pihaknya akan menyebarluaskan dan memberikan sosialisasi kepada petani di Balangan untuk mengembangkan budidaya porang dan karet (Pokar) tersebut.

“Untuk memastikan program ini terus berjalan, kita konsen di tanaman porang ini untuk menjamin bahwa Balangan satu-satunya pengekspor berkelanjutan dan berkesinambungan,” kata Bupati Balangan ini, Sabtu (23/4/2022).

Kemudian, Dandim 1001 Amuntai-Balangan Letkol Inf Aldin Hadi menambahkan, ia bersama Bupati dan Kapolres akan terus mengawal program Pokar. Karena menurutnya program tersebut sangat menguntungkan petani, sebab disamping berkebun karet juga bisa menanam porang.

“Ini sangat menguntungkan petani, sambil menyadap karet juga memiliki tabungan tanaman porang yang sewaktu-waktu bisa di panen,” pungkasnya. 

(MC Balangan/Agus) sumber :infopublik.id 

 

Exit mobile version