Site icon Kantor Berita Kalimantan

TIPS MUDIK DENGAN AMAN

Tradisi mudik di dunia yang terjadi di Indonesia sangat luar biasa ! Sebab dalam waktu kurang lebih satu bulan jutaan orang di Indonesia melakukan eksodus besar- besaran ke kampung halamannya masing- masing dalam rangka merayakan hari kemenangan, hari lebaran , hari raya Idul Fitri. Namun jika tidak menyiapkan dengan baik untuk mudik tidak jarang malah kemalangan atau malah petaka yang di alami. Untuk menghindari petaka atau hal yang tidak di inginkan ada baiknya andavmengetahui tips Mudik Aman yang saya anjurkan sbb:

1. Menyiapkan diri atau keluarga untuk mudik ,baik secara finansial,fisik dan sarana transportasi yang akan digunakan
2. Jadwalkan dengan baik keberangkatan dan kepulangan dengan cukup teliti .
3. Memilih transportasi umum yang baik dan terpercaya ( kalau menggunakan transportasi umum) dan waspadalah dengan kejahatan yang mungkin mengintai, seperti aksi pencopetan,jambret, bahkan hipnotis.
4. Kalau menggunakan kendaraan pribadi perhatikan 
Semua kesiapan dan perlengkapan mulai dari surat menyuratnya sampai Hingga kelayakan jalan. 
5. Perhatikan dan patuhi rambu dan aturan ber lalulintas dan jangan ngebut, serta gunakan beristirahat jika ngantuk.
6. Jika menggunakan kendaraan roda 2 berhati- hatilah karena kendaraan roda dua bukan dirancang untuk ssebuah perjalanan jauh dan jangan mengangkut melebihi kapasitas.

Tetapa selalu waspada di Perjalanan jdan sekali lagi kalau lelah atau ngantuk gunakanlah semua pos pantau / simpati, kantor polisi,koramil kodim dan lainnya untuk beristirahat, karena semua tempat tersebut di perkenankan sebagai tempat istirahat bagi para pemudik. Disamping itu jangan lupa isi pulsa telepon genggam anda agar dapat berkomunikasi dengan keluarga dan lainnya.
Exit mobile version