Site icon Kantor Berita Kalimantan

Unsur Pimpinan DPRD Banjar Tak Hadiri Musrenbang RKPD Tahun 2023

BANJARBARU – Musresbang RKPD Kabupaten Banjar Tahun 2023 yang digelar di Hotel Rodhita Banjarbaru  tanpa dihadiri unsur pimpinan DPRD Kabupaten Banjar, Rabu (30/3/2022).

Sehari sebelumnya aksi unjuk rasa damai di DPRD Banjar yang digelar LSM KAKI Kalsel tidak satupun anggota DPRD Banjar yang ada di kantornya, Selasa (29/3/2022). Pada hari ini acara yang sangat penting untuk pembangunan di Kabupaten Banjar, yakni Musrenbang RKPD 2023 juga minus kehadiran unsur pimpinan DPRD Banjar.

Ketidakhadiran unsur pimpinan DPRD Kabupaten Banjar pada Musrenbang RKPD Kabupaten Banjar Tahun 2023 juga mendapat sorotan LSM Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Kalsel. Direktur LSM KAKI Kalsel Akhmad Husaini mengaku prihatin atas ketidakhadiran unsur pimpinan DPRD Kabupaten Banjar.

Menurut tokoh pemuda Gambut ini, Musrenbang RKPD Kabupaten Banjar itu sangat penting hadirnya wakil rakyat, terlebih lagi unsur pimpinan DPRD.

“Undangan atau pemberitahuan Musrenbang itu tentu tidak datang tiba-tiba, tetapi beberapa hari sebelumnya. Jadi mustahil mereka tidak tahu adanya Musrenbang tingkat Kabupaten itu,” jelasnya, Rabu (30/3/2022).

Kemarin saja, ungkap Husaini, ketika pihaknya menggelar unjuk rasa damai dan ingin menyampaikan aspirasi tak ada seorangpun wakil rakyat dari Gedung DPRD yang hadir. Padahal pemberitahuan dari kami sudah 3 hari sebelumnya.

“Kalau Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi tak hadir, saya sangat memakluminya, karena sedang merawat ibunya yang sakit dan akan menjalani operasi di Jakarta. Tetapi kan masih ada 3 orang Wakil Ketua DPRD Banjar yang bisa menggantikan posisinya untuj hadir di Musrenbang itu,” tegas pria yang akrab disapa Haji Usai ini.

Berdasarkan pantauan, pada Musresbang RKPD Kabupaten Banjar Tahun 2023di Hotel Rodhita Banjarbaru ini tampak hadir Bupati dan Wakil Bupati Banjar, yang mewakili Kapolres Banjar, Dandim 1006 Martapura, Kejari Banjar. Namun, tidak terlihat unsur Pimpinan DPRD Banjar dan hanya terlihat Ketua Komisi IV DPRD Banjar, Sarwani.

Exit mobile version