Site icon Kantor Berita Kalimantan

Viral Bentor Patok Harga Mahal ke Jamaah Haul Guru Sekumpul, Ini Pernyataan Dishub Banjar!

Kadishub Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana.

KBK.News, MARTAPURA – Viral di Instagram, layanan becak motor (bentor) yang mamatok harga tinggi kepada jemaah haul ke-19 Abah Guru Sekumpul, Sabtu (13/1/2024).

Dari informasi yang didapatkan diberbagai media sosial, jemaah diminta uang Rp. 70.000 hingga Rp 100.000, oleh bentor yang mangkal di Masjid Al Karomah Martapura.

Tarif tak wajar yang dipatok penarik bentor kepada jamaah haul Guru Sekumpul, informasinya sudah sampai ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar, Sabtu (13/1/2023) siang.

“Kami tadi memang mendapatkan informasi di lapangan bahwa beberapa bentor mengenakan tarif yang mahal kepada masyarakat,” ujarnya, saat dikonfirmasi usai meninjau kawasan Sekumpul Martapura, ujar Kadishub Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana.

Sejumlah bentor yang juga sempat mangkal di kawasan Sekumpul dan sekitarnya itu diduga mengenakan tarif tinggi. Mulai Rp75.000 – Rp100.000. Angka tak wajar tersebut juga viral dijejaring media sosial (medsos).

“Ini sudah tak layak diberikan toleransi. Bahkan, beberapa bentor tadi sudah kita datangi untuk menyesuai tarif yang wajar. Tarif yang dikenakan sejumlah penarik bentor ini cukup membuat resah sejumlah jamaah haul. Terlebih, mereka kabarnya juga tak berasal dari Kabupaten Banjar,” paparnya.

Saat ditelusuri, lanjut Nyoman, bentor-bentor yang mangkal tersebut bukan berasal dari Kabupaten Banjar. Ia mengatakan akan berkoordinasi dengan sejumlah daerah ke depannya untuk melakukan pendekatan dan sosialisasi agar tak melakukan tarif tinggi.

Nyoman menambahkan, untuk peringatan penarik bentor masih berupa teguran, dan berikan tegur untuk tidak beraktivitas di kawasan Sekumpul dan sekitarnya lagi.

“Yang jelas, kita akan menjadi evaluasi pihaknya untuk lebih persuasif lagi dalam meminimalisir kejadian itu, dan ini akan menjadi evaluasi kita untuk tahun ke depannya,” tutupnya.

Exit mobile version