NASIONAL

Viral Buah Kecubung Dicampur Obat Terlarang di Kalsel, Dua Orang Meninggal Dunia Karena Overdosis

KBK.News, MARTAPURA – Belakangan ini viral di berbagai platform media sosial tentang maraknya orang halusinasi atau mabuk akibat mengonsumsi obat yang dicambur dengan buah kecubung, Selasa (9/7/2024).

Dan parahnya lagi, akibat mengkonsumsi buah kecubung puluhan orang harus segera dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum.

Bahkan, saat ini dikabarkan ada dua warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang dilaporkan meninggal dunia yang diduga karena mengonsumsi buah kecubung.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Humas dan Informasi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Budi harmanto. Ia mengatakan dua orang laki-laki berusia 20 tahun dan 44 tahun dari Banjarmasin telah meninggal dunia.

“Dua korban yang meninggal diduga karena overdosis dengan indikasi indikasi obat ditambah kecubung,” ujar Budi Harmanto.

“Pasien yang sedang dirawat karena efek kecubung berusia antara 22 tahun hingga 55 tahun, termasuk tiga orang perempuan,” lanjutnya lagi.

Ironisnya, Budi menyebutkan bahwa total pasien yang terpengaruh terus bertambah, hingga mencapai 28 orang.

“Mayoritas dari mereka berasal dari Banjarmasin, dengan beberapa juga dari Batola, Kabupaten Banjar, Banjarbaru, Daha, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan,” tutupnya.

Rizal News

Recent Posts

Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 9,5 Ton Oli Palsu

KBK.News, BANJARMASIN - Ditreskrimsus Polda Kalsel menggelar press rilis pengungkapan kasus pembuatan oli oplosan (Palsu)… Lanjutkan Membaca

10 jam ago

Calon Bupati Banjar Syaifullah Tamliha Siap Adu Gagasan Cerdas Bangun Kabupaten Banjar

KBK.NEWS, MARTAPURA - Hadapi Pilbup Banjar 2024, Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha menawarkan adu… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Agar Tidak Disalahgunakan, Polsek Banjarbaru Utara Musnahkan 19 Batang Pohon Kecubung

KBK.News, MARTAPURA - Polsek Banjarbaru Utara menggelar pemusnahan pohon kecubung yang tumbuh di wilayah hukumnya,… Lanjutkan Membaca

20 jam ago

Pemprov Kalteng Lakukan Pencegahan Abrasi Pantai Dengan Vegetasi Tanaman Bakau

KBK.NEWS, SUKAMARA - Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon atau Vegetasi Tanaman bakau (mangrove) guna mengatasi… Lanjutkan Membaca

20 jam ago

Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Banjar Gelar Operasi Patuh Intan 2024

KBK.News, MARTAPURA - Selama 14 Hari, Polres Banjar akan menggelar Operasi Patuh Intan 2024. Operasi… Lanjutkan Membaca

21 jam ago

Diduga Korupsi Kuota Haji KPK Didesak Tangkap Menteri Agama

KBK.NEWS, JAKARTA - Ketua Umum PP PERISAI, Chandra Halim mendesak KPK menangkap Menteri Agama dan… Lanjutkan Membaca

1 hari ago