Site icon Kantor Berita Kalimantan

Wagub Kalteng Edy Pratowo Ikuti Rakor Karhutla 2022

JAKARTA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo Ikuti Rakor Antisipasi dan Penanganan Karhutla Tahun 2022 bersama yang dipimpin Kepala BNPB di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo menghadiri langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Antisipasi Penanganan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2022 yang digelar di Aula Dr. Sutopo Graha BNPB Lantai 15, Jl. Pramuka Kav. 38 Matraman Jakarta Timur, Rabu (6/4/2022).

Rapat ini dipimpin secara langsung Kepala BNPB Letjen TNI, Suharyanto yang diikuti oleh Sejumlah Menteri, Kepala Daerah serta Pejabat terkait lainnya. Menteri yang hadir diantaranya, Menteri
Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Menteri Dalam Negeri RI, Kepala BMKG, Kepala BRIN, para Kepala Daerah, terkhusus Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub menyampaikan laporan Evaluasi Tahun 2021 dan Kesiapan Penanganan Bencana Asap Akibat Karhutla di Wilayah Provinsi Kalteng Tahun 2022. Edy mengutarakan bahwa terdapat enam Provinsi yang menjadi prioritas pencegahan karhutla.

“Berdasarkan laporan dari BMKG Pusat, dengan prakiraan cuaca, memang tahun 2022 ini cuaca tidak se ekstrim tahun sebelumnya. Kita berharap kesiapsiagaan daerah khususnya Provinsi Kalteng melaksanakan kegiatan pencegahan karhutla termasuk pengadaan anggaran, personil dan lainnya,” ujarnya.

Edy juga mengungkapkan, bahwa Kalteng siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka melakukan Antisipasi Penanganan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2022.

“Kita berupaya semaksimal mungkin mulai dari perencanaan, langkah antisipasi, hingga penanggulangan, dengan belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Karena itu penanganannya harus lebih baik dan solid, serta yang terpenting adalah sinergitas. Kuncinya adalah koordinasi,” tuturnya. (mitradiskominfokalteng/ul)

Sumber : infopublik.id

 

Exit mobile version