Site icon Kantor Berita Kalimantan

Wakil Bupati Banjar Secara Resmi Membuka Pasar Wadai Ramadhan

Pemotongan pita Pasar Wadai Ramadhan di Martapura, oleh Wakil Bupati Banjar Habib Iderus Al Habsyie

MARTAPURA – Pasar Wadai Ramadhan 1444 H di Samping Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura, recara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Banjar, Habib Idrus Al Habsyie, Kamis (23/3/2023) sore.

Pasar Wadai Ramadhan tersebut merupakan event yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar, bekerja sama dengan Perumda Pasar Bauntung Batuah, dan DKUMPP Kabupaten Banjar.

Wakil Bupati Banjar, Habib Iderus Al Habsyie, mengaku sangat gembira atas kembali dilaksanakannya Pasar Wadai Ramadan. Dirinya mengatakan, acara tahunan ini dapat menggerakkan perekonomian masyarakat setempat.

“ Terutama kepada pelaku usaha kecil, sekaligus menjadi sarana untuk memperkenalkan produk kuliner khas Kabupaten Banjar,” Ujar Habib Iderus.

Dirinya menjelaskan kuliner di Kabupaten Banjar harus terus dilestarikan dan digali kembali sebagai aset budaya Banjar.

“Pengetahuan tentang keanekaragaman jenis makanan tersebut harus terus diperkenalkan kepada masyarakat, di antaranya melalui Pasar Wadai Ramadan ini,” jelasnya.

Habib Iderus Al Habsyie mengimbau kepada para pedagang agar memperhatikan kualitas bahan produknya,menjaga ketertiban serta kebersihan lingkungan di sekitar tempat berjualan.

Sementara itu, Kepala Disbudporapar Banjar Haris Rifani menambahkan, jumlah peserta yang ikut dalam Pasar Wadai Ramadan ini ada sebanyak 40 pedagang.

“ Dari 40 pedagang tersebut, ada 18 pedagang dari Perumda PBB Banjar, 17 pelaku UMKM binaan DKUMPerindag dan 5 dari pelaku ekonomi kreatif binaan Disbudporapar,” sebut Haris.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu terlaksananya event tahunan ini.

“ Tentunya ini guna mendukung visi kelima Bupati dan Wakil Bupati, khususnya pada sasaran berkembangnya budaya Banjar religius yang mencerminkan karakter dan kepribadian luhur masyarakat Banjar,” pungkasnya.

Exit mobile version