Site icon Kantor Berita Kalimantan

Wakil Ketua DPRD Banjar Soroti Tata Kelola Kendaraan Dinas Pemkab

BANJARMASIN – Wakil Ketua DPRD Banjar Akhmad Rizanie Anshari soroti  pengelolan kendaraan dinas yang menurutnya harus lebih baik, Minggu (11/12/2022).

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Banjar dari Fraksi Nasdem ini menyikapi adanya pemberitaan masih banyak kendaraan dinas Pemkab Banjar yang belum bayar pajak. Menurutnya dari sejumlah informasi yang ia ketahui, sebagian kendaraan dinas ada yang tidak terawat dengan baik atau rusak, ada juga berpindah kepemilikan melalui lelang, tetapi tidak dilaporkan ke pihak terkait.

” Sebagian kendaraan dinas milik Pemkab Banjar itu ada yang rusak dan telah berpindah kepemilikan, karena itu pajak kendaraan bermotornya tidak lagi dibayar. Dalam hal ini penting sekali adanya pendataan dan pelaporan, sehingga ada berita acara penghapusan aset, dan pajaknya tentu tidak lagi menjadi beban Pemkab,” ujar politisi Partai Nasdem ini.

Hal lain, beber Rizanie, untuk penghematan anggaran, Pemkab Banjar perlu dilakukan moratorium pengadaan kendaraan dinas, kecuali hal yang sangat penting, yakni seperti kendaraan untuk angkutan sampah.

” Pengadaan dan perawatan kendaraan dinas itu anggarannya sangar besar, karena itu perlu dikelola lebih baik agar tidak menjadi beban bagi Pemkab Banjar. Salah satu solusi adalah moratorium pengadaan kendaraan dinas dan optimalisasi  yang sudah dimiliki,” pungkas Akhmad Rizanie Anshari yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Banjar ini.

 

Exit mobile version