Kantor Berita Kalimantan

Pemko Banjarbaru Siap Bantu Petani Terdampak Banjir

Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan arahkan agar para petani yang mengalami kerugian akibat bencana banjir di daerahnya menerima bantuan, Kamis (28/1/2021).

Mendengar informasi para petani yang ada di wilayahnya terdampak dan mengalami kerugian akibat bencana banjir, Wali Kota Banjarbaru Darmawan Setiawan memberi arahan agar dinas terkait untuk memberikan bantuan.

“Terima kasih infonya, tadi sudah ulun minta Kepala DKPPP untuk memberikan bantuan kepada para petani yang pertaniannya rusak akibat bencana banjir,” jelas Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan, Kamis (28/1/2021).

Terpisah, Kepala DKPPP Kota Banjarbaru, Hamdah ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah koordinasi Wali Kota dan Sekda Banjarbaru untuk minta arahan. Selanjutnya juga telah diinstruksikan kepada bidang terkait untuk dilakukan kroscek ke lapangan.

“Kami juga sudah koordinasi dengan Dinas TPH Provinsi Kalsel dengan harapan ada bantuan dari provinsi. Sesuai arahan pimpinan, kami akan mengusulkan bantuan untuk para petani yang terdampak banjir di Kota Banjarbaru berdasarkan data yang kami miliki,” tegas Kepala DKPPP Kota Banjarbaru.

Sebelumnya sejumlah petani kebun pepaya di Landasan Ulin Utara (Laura), Banjarbaru dikabarkan mengalami kerugian. Sebab ribuan pohon pepaya yang sudah mulai berbuah perlahan mati akibat direndam banjir.

“Pohon pepaya ini akarnya membusuk akibat terlalu lama terendam banjir. Kalau punya saya ada 1600 batang pohon yang mulai mati, padahal 1 bulan lagi panen,” jelasnya.

Pria yang tinggal tidak jauh dari kebun pepaya ini mengaku hanya sebagian buah pepaya yang bisa dipetik dan dijual. Sedangkan selebihnya akan rusak.

” Untuk memulai tanam bibit yang baru perlu biaya lagi dan harus memelihara hingga 8 bulan barulah pepaya berbuah,” ungkap Apung.

Exit mobile version