Kantor Berita Kalimantan

Warga Keluhkan Rumput Menutup Sungai

MARTAPURA – Sungai atau saluran pembuangan Irigasi Riam Kanan ditumbuhi rumput dan menutupi aliran air, sehingga dikeluhkan warga sekitar dan minta perhatian BWS Kalimantan II, Minggu (5/12/2021).

Rumput liar memenuhi saluran pembuangan Irigasi Riam Kanan yang terletak di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Akibatnya aliran air menjadi terganggu dan tidak bisa lagi dilintasi perahu.

Rumput yang menutupi sungai atau saluran air ini disukai para peternak sapi, karena menjadi salah satu pakan favorit ternak mereka. Walaupun setiap hari ada peternak sapi yang mengambil rumput ini, namun jumlah rumput yang tumbuh diatas air ini lebih banyak dari yang diperlukan.

M Surya warga Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk mengatakan, banyaknya rumput diatas saluran air ini sudah dikeluhkan warga. Karena itu ia meminta perhatian pihak terkait, seperti Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan untuk melakukan pembersihan.

Rumput liar tutup Saluran Pembuangan Irigasi Riam Kanan di Kecamatan Sungai Tabuk dan dikeluhkan masyarakat, karena itu meminta BWS Kalimantan lakukan pembersihan. 

“Kalau dibiarkan terus air menjadi tersumbat dan akan melimpah ke jalanan dan perumahan penduduk di Desa Abumbun Jaya. Ini saja air sudah menggenangi lahan perkebunan warga sejumlah tanaman seperti sayuran, cabe rawit , terong dan lainnya mati atau rusak,” Surya, Minggu (5/12/2021).

Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, terlihat rumput memenuhi permukaan air di sungai atau saluran pembuangan irigasi ini. Lebar saluran sekitar 20 meter, namun lebih 50 persen sudah ditumbuhi rumput yang menghijau.

Exit mobile version