Site icon Kantor Berita Kalimantan

Wisata Religi Ke Makam Datu Kalampayan Segera Dibuka Kembali

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar berencana membuka kembali lokasi wisata religi ke Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan, Rabu (16/3/2022).

Rencana dibukanya Kubah Datu Kalampayan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar H M Rofiqi , yang menyampaikan sudah bertemu dengan Ketua Yayasan yang menginginkan wisata religi Kubah Datu Kalampayan agar segera dibuka .

“Saya dengan ketua yayasan sudah bertemu, beliau menginginkan Kubah datu kalampayan segera dibuka, kami di dewan tentu saja akan membantu dengan sepenuh hati . Saya juga sudah Komunikasi kepada Wakapolres dan Dandim yang akan menyetujui apabila ada izin dari Kasatgas,” jelas Rofiqi, Rabu (16/3/2022).

Rofiqi mengungkapkan semenjak pandemi Covid-19 wisata religi ke Kalampayan tersebut tutup. Hal itu sangat berdampak bagi ekonomi di sekitar dengan menurunnya pendapatan, bahkan hampir tidak ada lagi.

“Sudah hampir 2 tahun ditutup dan artinya harus kita akui juga sudah 2 tahun ekonomi masyarakat kawasan Kubah terdampak , terkhusus masyarakat yang mata pencaharian nya bergantung dengan penziarah ,” Jelasnya

Rofiqi menambahkan ,dibukanya wisata religi di Kabupaten Banjar akan dilakukan dengan Protokol Kesehatan harus ketat. Pembatasan kapasitas , dan peziarah minimal harus 2 kali vaksin untuk masuk kubah .

“Kalau wisata religi nantinya sudah dibuka, tentu saja akan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan peziaran juga minimal harus sudah 2 kali divaksin,“ pungkas Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi.

Exit mobile version