Kabupaten Banjar Punya Gudang Produksi Batik Sasirangan

2 min read

Banjar kini punya gedung produksi dan pameran batik khas Banjar Sasirangan di Km. 7 Kecamatan Kertak Hanyar (22/12/2019).

Kini Kabupaten Banjar memiliki Gedung Produksi dan Ruang Pameran Sasirangan. Gedung ini dibangun Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, lokasinya di Km. 7 Jalan Pemurus, tepat di samping Kantor Kelurahan Kertak Hanyar.

Gedung Produksi dan Ruang Pameran Batik Khas Banjar Sasirangan ini dihadiri diresmikan Bupati Banjar H Khalilurrahman beserta istri yang juga Ketua Dekranasda Banjar, Hj Raudathul Wardiyah, Kamis (19/12/2019) pagi.

Gedung Produksi dan Ruang Pamer Sasirangan tersebut merupakan wujud pembangunan di Kabupaten Banjar pada sektor Industri. Guna meningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang berkesinambungan.

“Kami selaku Pimpinan Daerah akan terus mendukung agar tercipta Sasirangan yang bercirikan khas Kabupaten Banjar sekaligus melestarikan seni budaya tersebut yang berakar pada kearifan lokal,” kata Bupati Banjar.

H Khalilulrahman juga berharap agar melalui gedung ini, kuantitas dan kualitas produk batik khas Banjar sasirangan meningkat. Misalnya, peningkatan inovasi dan kreativitas para perajin hingga mampu menciptakan produk yang diinginkan pasar.

“Misalnya diolah baju daster, baju tidur anak-anak, sarung, peci, ataupun selimut yang motifnya sasirangan, karena kita bangga memakai sasirangan,” ungkap Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar. I Gusti Made Suryanati mengatakan, gedung dapat ditempati para pengrajin batik sasirangan yang hingga kini belum punya kios atau toko.

“Gedung ini, selain tempat memamerkan produk sasirangan, bisa digunakan untuk memberikan edukasi kepada para pengunjung, seperti tentang proses produksi sasirangan dari awal hingga siap dijual,” pungkasnya.

admin

Redaktur KBK.NEWS

Berita Terkait

More From Author