Site icon Kantor Berita Kalimantan

Bawaslu Banjar Sasar Pemilih Muda Dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Mendekati Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Banjar menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif bersama stakeholder. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – Delapan Belas hari menjelang Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar kembali menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatif bersama stakeholder, Sabtu (27/1/2024).

Kegiatan yang digelar di Aston Hotel, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar tersebut, mayoritas yang berhadir adalah pemuda dari berbagai organisasi di Kabupaten Banjar, serta tokoh agama, tokoh masyarakat Kabupaten Banjar, dan tamu undangan lainnya.

Muhaimin, selaku Komisioner Bawaslu Banjar, Koordiv Pencegahan Parmas dan Humas, mengatakan selain meningkatkan pengawasan, pihaknya juga menyampaikan bahwa masyarakat beserta elemen lainnya memiliki peran yang sangat strategis dalam keberhasilan penyelenggaraan pemilu.

“Maka salah satu kunci suksesnya Pemilu adalah pengawasan terhadap pemilu itu dilaksanakan, tidak hanya oleh penyelenggara, tetapi juga oleh masyarakat dengan segala bentuk partisipasinya,” ujar Muhaimin.

“Dengan cara ini pula kita ingin menyampaikan bahwa keberhasilan pemilu adalah keberhasilan kita bersama masyarakat, bukan hanya keberhasilan penyelenggara pemilu saja,” lanjut Muhaimin.

Oleh karena itu, tambah Muhaimin, dengan seringnya digelar sosialisasi pengawasan partisipatif, ia mengharapkan agar kesadaran masyarakat meningkat akan pentingnya menjaga kesuksesan Pemilu 2024.

Sementara itu, Narasumber dalam kegiatan sosialisasi, Mahyuni, yang merupakan Pemerhati Pemilu di Kalimantan Selatan, menyampaikan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Bawaslu tersebut.

“Luar biasa banyak anak muda yang hadir hari ini, makanya sangat bagus apabila Bawaslu terus melaksanakan kegiatan ini, apalagi kalau undangan nya adalah kalangan muda yang bisa saja menjadi penerus di masa depan,” tutup Mahyuni.

Exit mobile version