Site icon Kantor Berita Kalimantan

Berkah Festival Pasar Terapung Lok Baintan, Dagangan “Acil Jukung” Laris Manis

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2024. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2024, yang digelar di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang di jukung (perahu kecil) yang dagangan laris saat kegiatan, Minggu (28/7/2024).

Salah satu pedagang (Acil Jukung) di Pasar Terapung Lok Baintan, Hj Raihanah, mengaku senang dengan digelarnya Festival Pasar Terapung di Lok Baintan, karena menurutnya bisa meningkatkan omset dirinya dan pedagang lainnya.

“Alhamdulillah, meskipun acara ini digelarnya satu tahun sekali, kami para pedagang bisa meraup keuntungan yang lebih saat acara ini digelar,” ujar Raihanah kepada KBK.News, Minggu (28/7/2024) pagi.

Raihanah menyampaikan dirinya sudah 40 tahun berjualan di Pasar Terapung Lok Baintan, dari jual beras, kue khas lokal (wadai), buah-buahan, sayur, dan lainnya sudah pernah didagangkannya selama puluhan tahun.

“Semoga dengan digelarnya acara hari ini bisa membuat masyarakat yang jauh datang kesini untuk melihat dan berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan,” harapnya.

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2024, dimeriahkan oleh ratusan jukung hias, dan dihadiri Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie beserta tamu undangan.

“Semoga dengan event ini sektor pariwisata kita semakin maju dan dikenal di Indonesia bahkan mata dunia. Ini juga sebagai upaya bersama menjaga tradisi budaya sebagai warisan dari khazanah budaya turun temurun masyarakat daerah di Kacamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar,” ujar Wabup Banjar , Habib Idrus Al Habsyie.

Sementara itu, Kepala Disbudporapar Banjar H Irwan Jaya, menjelaskan kegiatan yang merupakan event tahunan ini dilaksanakan di Pasar Terapung Lok Baintan selama dua hari Sabtu 27 dan Minggu 28 Juli 2024.

“Total peserta dari beberapa kategori lomba di Festival Pasar Terapung tahun ini ada sekitar 500 orang dengan delapan kategori. Yaitu festival lomba balap jukung (acil Pasar Terapung), festival lomba baturai pantun, festival formasi jukung, festival jukung hias tradisional, festival kuliner tradisional Banjar, penampilan seni dan budaya, lomba fotografi on the spot dan lomba videografi pesona Pasar Terapung Lok Baintan,” tutup Irwan Jaya.

Exit mobile version