Jauh dari Perkotaan, Inilah Kondisi SDN Sungai Pinang Baru 2 yang Penuh Kerusakan!

MARTAPURA – Jauh dari pusat perkotaan, SDN Sungai Pinang Baru 2, yang berada di Jalan Handil Rahmad, Desa Sungai Pinang Baru, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kondisinya sangat memprihatinkan, Minggu (30/7/2023).

SDN Sungai Pinang Baru 2. (Foto : Rizal)

Dari pantauan KBK.News saat mengunjungi SDN Sungai Pinang Baru 2, Minggu (30/7/2023) siang, terlihat sebagian lantai sekolah yang dicor sudah mulai hancur (mengelupas), bahkan ruangan kelas kondisi lantainya juga sudah mengelupas.

Kondisi Ruang Kelas di SDN Sungai Pinang Baru 2. (Foto : Rizal)
Kondisi Ruang Kelas di SDN Sungai Pinang Baru 2. (Foto : Rizal)

Saat KBK.News menelusuri SDN Sungai Pinang baru 2 bersama masyarakat setempat, terpantau plafon di sebagian kelas juga terlihat rusak dan berlubang, bahkan ironisnya sebagian dinding kelas yang rusak hanya dilapisi dengan kayu triplek.

Kondisi Ruang Kelas di SDN Sungai Pinang Baru 2 yang menggunakan kayu triplek. (Foto : Rizal)

Bukan hanya itu, atap kelas terlihat sudah mengalami kerusakan, terlebih atap dikelas 6 dan berlubangnya plafon kelas, dapat mengakibatkan air masuk kedalam kelas saat cuaca sedang hujan.

Kondisi atap sekolah di SDN Sungai Pinang Baru 2. (Foto : Rizal)
Kondisi plafon di kelas 6 SDN Sungai Pinang Baru 2. (Foto:Rizal)

Di sekolah ini pun terpantau masih belum mempunyai perpustakaan, yang mana terlihat banyak buku-buku hanya diletakkan di ruang kelas.

Terlihat banyak buku yang diletakan di ruang kelas. (Foto : Rizal)

Sementara itu, di teras sekolah pun kondisi lantainya sudah mulai terkelupas, selain itu plafon di teras sekolah juga terlihat berlubang. Bahkan, saat KBK.news melihat di sisi sekolah, terlihat cat pada dinding kelas yang mengalami keretakan.

Kondisi Teras Kelas di SDN Sungai Pinang Baru 2. (Foto : Rizal)
Kondisi samping dinding SDN Sungai Pinang Baru 2. (Foto : Rizal)

Dari hasil penelusuran KBK.News, sekolah yang berada di Jalan Handil Rahmat, Desa Sungai Pinang Baru, Kecamatan Sungai Tabuk ini, terpampang spanduk selamat datang, yang berisi kunjungan rapat rutin yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Liana Penny, pada Maret 2023 yang lalu.

Zainal Abidin, selaku penjaga SDN Sungai Pinang Baru 2, mengatakan kerusakan lantai sekolah disebabkan oleh banjir besar pada 2021 yang lalu.

“Untuk kerusakan lantai disebabkan karena banjir, dan atap yang rusak itu diakibatkan angin kencang yang terjadi sekitar 1 tahun yang lalu,” sebut Zainal.

Melihat kondisi sekolah tersebut, Zainal mengharapkan sekolah yang diisi oleh keponakannya tersebut bisa segera di rehabilitasi.

“Semoga cepat diperbaiki, tentu saja untuk kenyamanan anak-anak yang sekolah disini,” pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai