HUKUM & KRIMINAL

Diduga Lakukan Pencemaran Nama Baik, Tiga Pemilik Akun Facebook Dilaporkan Ke Ditreskrimsus Polda Kalsel

BANJARMASIN –  Diduga melakukan pencemaran nama baik dan ucapan bermuatan asusila di medsos, tiga orang dilaporkan ke Ditreskrimsus Polda Kalsel, Kamis (25/5/2023).

“Kami melaporkan tiga orang dengan tiga akun facebook yang diduga sengaja melakukan pencemaran nama baik klien kami atas nama Syahrian. Ketiga terlapor melalui akun facebook menuliskan kalimat yang menyebutkan Syahrian pengusaha besi tua dari Kota Palangka Raya adalah penipu dan  kalimat lainnya yang bermuatan tindakan asusila terhadap istri dan keluarga klien kami,” jelas Isrof Parhani kuasa hukum dari Syahrian, Kamis (25/5/2023).

Foto tangkapan layar dari akun facebook Surya.

Menurut Isrof, laporan pihaknya sampaikan ke Ditreskrimsus Polda Kalsel, karena korban mengetahui adanya pencemaran nama baik saat berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Laporan yang pihaknya sampaikan diterima dengan tanda bukti pengaduan Nomor : STTP/194/V/2023/TIPIDSIBER, Senin (22/5/2023).

” Senin Tanggal 22 Mei 2023 lalu, kami mendampingi klien kami melaporkan 3 pemilik akun facebook an SC, ET, dan BI terkait tindak pidana dengan muatan kesusilaan dan pencemaran nama baik sebagaimana pasal 27 ayat (1), ayat (3) Jo. Pasal 45 ayat (1) UU ITE ke Ditreskrimsus Polda Kalsel. Alhamdulillah kami diterima dan segera ditindaklanjuti,” tegas advokat muda ini.

Selain melaporkan secara hukum positif, beber Isrof, pihaknya juga mengupayakan sanksi adat terhadap  ketiga pemilik akun facebook tersebut.

” Kami sedang berkoordinasi dengan Damang di Kalimantan Tengah terkait sanksi adat yang akan dikenakan kepada pemilik ketiga akun tersebut. Hal itu dilakukan, karena keluarga besar isteri klien kami yang merupakan suku asli Dayak juga sangat keberatan atas kata – kata dalam postingan ketiga orang pemilik akun facebook tersebut,” ungkapnya lagi.

Berikut Kronologis yang disampaikan Isrof Parhani kuasa hukum dari Syahrian.

Kejadian ini bermula sekitar 2 bulan yang lalu, yaitu saat Anang Bib menawarkan sparepart alat berat bekas kepada Surya, kemudian setelah sepakat dengan harga yang ditawarkan, Anang Bib meminta DP kepada SC sebesar Rp25.000.000,- (Dua puluh lima juta rupiah). Kemudian Surya meminta Nomor Rekening untuk mengirimkan DP tersebut.

Selanjutnya, Anang Bib meminjam Rekening Syahrian untuk pembayaran DP dan dikirimkan kepada Surya beserta KTP atas nama Syahrian, namun DP yang dikirimkan SC hanya sebesar Rp.20.000.000,- (Dua puluh juta rupiah). 1 bulan setelah selesai pemotongan sparepart selesai dan dibawa ke ekspedisi untuk segera  dikirimkan ke alamat SC. Namun setelah Surya dihubungi Surya berjanji mengirimkan pelunasan secepatnya.

Setelah ditunggu kurang lebih 2 hari tidak ada kabar untuk pelunasan, maka kemudian Anang Bib menjual sparepart tersebut ke pihak lain dengan alasan Anang Bib membutuhkan dana oprasional untuk pekerjaan lainnya.

Pada Hari Jumat tanggal 19 Mei 2023 sore menjelang malam Syahrian melihat Surya memposting di facebook, foto KTP, foto Isteri beserta anaknya Syahrian dengan caption kata-kata yang tidak pantas. SC juga menyampaikan kepada rekan bisnis Syahrian bahwa uang yang dikirimkan kepada syahrian sebesar Rp.600.000.000,- (enam ratus juta rupiah) faktanya uang yang dikirimkan Surya ke rekening Syahrian hanya Rp.20.000.000,-

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari Ditreskrimsus Polda Kalsel.

admin

Redaktur KBK.NEWS

Recent Posts

Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 9,5 Ton Oli Palsu

KBK.News, BANJARMASIN - Ditreskrimsus Polda Kalsel menggelar press rilis pengungkapan kasus pembuatan oli oplosan (Palsu)… Lanjutkan Membaca

9 jam ago

Calon Bupati Banjar Syaifullah Tamliha Siap Adu Gagasan Cerdas Bangun Kabupaten Banjar

KBK.NEWS, MARTAPURA - Hadapi Pilbup Banjar 2024, Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha menawarkan adu… Lanjutkan Membaca

18 jam ago

Agar Tidak Disalahgunakan, Polsek Banjarbaru Utara Musnahkan 19 Batang Pohon Kecubung

KBK.News, MARTAPURA - Polsek Banjarbaru Utara menggelar pemusnahan pohon kecubung yang tumbuh di wilayah hukumnya,… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Pemprov Kalteng Lakukan Pencegahan Abrasi Pantai Dengan Vegetasi Tanaman Bakau

KBK.NEWS, SUKAMARA - Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon atau Vegetasi Tanaman bakau (mangrove) guna mengatasi… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Banjar Gelar Operasi Patuh Intan 2024

KBK.News, MARTAPURA - Selama 14 Hari, Polres Banjar akan menggelar Operasi Patuh Intan 2024. Operasi… Lanjutkan Membaca

21 jam ago

Diduga Korupsi Kuota Haji KPK Didesak Tangkap Menteri Agama

KBK.NEWS, JAKARTA - Ketua Umum PP PERISAI, Chandra Halim mendesak KPK menangkap Menteri Agama dan… Lanjutkan Membaca

1 hari ago